Kabar Gembira akan kami sampaikan dari segi perkembangan teknologi di Jakarta, berkenaan dengan adanya upaya pemerintah untuk meningkatkan pelayanan transportasi darat seperti pengadaan LRT yang saat ini telah dimulai pembaangunannya di Jakarta Utara dan Jakarta Timur berikut liputan berita yang berhasil netizeninfo.com rangkum selenkapnya;
LRT (Light Rail Transit)
Pengerjaanproyek LRT (Light Rail Transit) atau kereta ringan Jakarta rute Kelapa Gading -Velodrome mencapai 70% pengerjaan saat ini dititik beratkan pada penyelesaian konstruksi visik dan instalasi.
Pengertian LRT adalah salah satu sistem Kereta Api Penumpang yang beroperasi dikawasan perkotaan yang konstruksinya ringan dan bisa berjalan bersama lalu lintas lain atau dalam lintasan khusus, disebut juga trem. (Sumber : https://id.wikipedia.org/wiki/Kereta_api_ringan)
Kereta api ringan banyak digunakan diberbagai negara di Eropa dan telah mengalami modernisasi, antara lain dengan otomatisasi, sehingga dapat dioperasikan tanpa masinis, bisa beroperasi pada lintasan khusus, penggunaan lantai yang rendah (sekitar 30 cm) yang disebut sebagai Low floor LRT untuk mempermudah naik turun penumpang.
Stasiun Pemberhentian LRT Velodrome
Sementara itu satu set kereta LRT yang terdiri dari 2 gerbong telah diletakkan di bagian 5 titik proyek, Light Rail Transit atau LRTKelapa Gading - Velodrome yang terdiri dari 2 rangkaian gerbong telah tersimpan di bagian lima proyek LRT Kelapa Gading Jakarta Utara. Kereta seharga Rp. 239.000.000.000,- (Dua Ratus Tiga Puluh Sembilan Milyar Rupiah) ini tiba pada sabtu malam lalu usai di bawah melalui jalur laut selama tiga pekan dari perusahaan pembuatnya Hyundai Router di Cangon Korea Selatan.
Nantinya kereta ini akan menjalani proses uji coba secara bertahap mulai bulan Mei hingga siap untuk digunakan.
Berikut Pernyataan dari Dirut PT Jakarta Propertindo Bapak Setya Heragandhi:
“Gerbong ini akan mengalami serangkaian proses set up supaya siap untuk diuji cobakan kira-kira pertengahan Mei sampai sekitar pertengahan atau akhir Juli paling lama, harapan kami kalau Juni kita sudah mendapatkan sertifikasi dari pemerintah setelah uji coba itu tadi Juli sudah bisa dioperasikan.”
Sementara itu pengerjaan proyek LRT Kelapa Gading telah rampung 70% saat ini yang sedang dikerjakan adalah menuntaskan konstruksi fisik serta pemasangan instalasi dalam rute Kelapa Gading - Velodrome akan melayani rute sepanjang 5,8 km dengan 6 stasiun pemberhentian, nantinya sebanyak 8 set kereta yang akan digunakan untuk menunjang aktivitas warga salah satunya ikut menyemarakkan perhelatan Asian Games 2018 Agustus mendatang.
Berikut beberapa penampakan LRT yang telah datang dari Korea sebagaimana terlihat gambarnya masih dibungkus plastik karena masih baru. silahkan melihat dan memperhatikannya:
 Semoga dengan adaya transportasi seperti ini masyarakat dapat terbantu dalam bidang transportasi dan semoga nantinya dapat dikembangkan dengan baik oleh pemerintah terutama model transportasi yang tidak mengandalkan jalan yang sudah ada untuk di ambil alih menjadi rute transportasi bagi masyarakat banyak. Supaya kepamcetan jakarta dapat terurai dengan baik dan kebijakan pemerintah dapat diterapkan dengan baik juga tanpa merugikan masyarakat terutama raknyat kecil.

0 comments:

Post a Comment