Artikel yang saya bagikan kepada sahabat berikut ini adalah tentang tips merawat ikan louhan yang baik dan benar, terkhusus bagi sahabat yang menjadikan ikan sebagai hewan peliharaan baik dalam kolam maupun dalam akuarium.


Ikan louhan adalah salah satu jenis ikan air tawar yang sangat banyak digemari di dunia, khususnya di Indonesia. Ikan louhan ini cukup banyak penggemarnya karena jenis ikan louhan mempunyai kelebihan pada bagian dahinya yang jenong serta warna sisiknya yang sangat indah. Namun apa bila kita tidak dapat merawat ikan louhan dengan baik, maka keindahan ikan louhan tersebut belum tentu akan muncul.
Oleh sebab itulah kita perlu untuk mengetahui bagaimana caranya merawat ikan louhan yang baik dan benar. Berikut ini tipsnya.

Akuarium

Akuarium yang dipakai untuk merawat ikan louhan penting untuk diperhatikan ukurannya. Ukuran akuarium sebaiknya menyesuaikan dengan ukuran dari ikan louhan yang hendak pelihara. Ukuran akuarium yang tepat untuk ikan louhan yaitu ¾ lebih besar dari ikan louhan yang dipelihara.

Perlengkapan akuarium

Agar dapat memberikan kenyamanan bagi ikan louhan dan mempermudah kita dalam melakukan perawatan terhadap ikan louhan, ada beberapa perlengkapan serta peralatan yang hendaknya perlu untuk disiapkan dalam merawat ikan louhan. Beberapa perlengkapan serta peralatan yang diperlukan antara lain:

Aerator

Dalam memelihara ikan louhan di dalam akuarium sangat berbeda dengan ikan yang hidup di alam liar. Ikan yang berada di alam liar mendapatkan udara atau oksigen yang lebih banyak jika dibandingkan dengan ikan yang dipelihara di dalam akuarium. Oleh sebab itu, ikan yang kita pelihara di dalam akuarium membutuhkan bantuan alat sebagai penyuplai oksigen.
Alat yang bisa digunakan untuk menyuplai oksigen ke dalam akuarium yaitu aerator atau pompa udara. Aerator sendiri mempunyai fungsi untuk memberikan oksigen ke dalam akuarium serta mengeluarkan udara dari sisa-sisa pernafasan ikan.

Heater dan Thermometer

Suhu air di dalam akuarium penting untuk diatur supaya sikan louhan memiliki pertumbuhan yang optimal. Karena pertumbuhan ikan louhan bisa melambat apa bila suhu air di dalam akuarium terlalu dingin. Cara untuk mengetahui suhu air di dalam akuarium yakni dengan menggunakan thermometer.

Filter

Kebersihan air di dalam akuarium amat sangat penting untuk selalu diperhatikan. Jika air akuarium terlalu kotor, maka kemungkinan besar ikan louhan yang kita pelihara bisa saja mati. So, kita harus selalu membersihkan air di dalam akuarium. Tentu hal ini akan sangat merepotkan kita, karena air di dalam akuarium biasanya cepat sekali kotor meskipun baru saja dibersihkan.
Untuk mengatasi permasalahan ini, kita dapat menggunakan filter atau penyaring. Filter ini berfungsi untuk menyaring air di dalam akuarium setiap saat supaya Nampak selalu bersih.

Penerangan

Penerangan di dalam akuarium sangat penting untuk ikan louhan, hal ini bertujuan supaya ikan louhan jadi tidak penakut. Untuk menerangi akuarium, kita dapat menggunakan lampu TL. Lampu TL selain dapat digunakan untuk menerangi akuarium, juga berfungsi untuk memperindah akuarium kita.
Ukuran lampu TL yang sesuai untuk akuarium adalah 80x40 cm dengan tegangan 20 watt.

Tanaman air

Supaya menyerupai habitat di dalam bebas, akuarium perlu untuk dilengkapi dengan tanaman hias. Hal ini pula dapat mempercantik tampilan akuarium ikan louhan.

Pasir dan Batuan

Pasir biasa digunakan untuk lsahabatsan meletakkan batuan. Kita dapat menggunakan pasir sungai yang masih bercampur humus karena pasir ini merupakan pasir terbaik untuk akuarium ikan louhan kita.
Nah itulah beberapa tips dari saya mengenai cara merawat ikan louhan yang baik dan benar, semoga bermanfaat. Bagi sahabat yang memiliki hobby dan kesenangan dengan hewan peliharaan seperti ikan dan hewan peliharaan lainnya dapat menjadikan tips diatas sebagai panduan pemeliharaan.
Sedangkan bagi sahabat baik yang memiliki hobby ataupun yang tidak memiliki hobby yang sama dapat membagikan tips ini dengan sahabat-sahabat lainnya supaya informasi ini dapat berkembang dan menyebar di kalangan masyarakat luas dengan mempergunakan tombol-tombol berbagi dibawah ini dengan mudah dan langsung.
Salam shabat.



1 comments :