Memelihara ikan hias air tawar, seperti ikan cupang sepertinya memberikan pemandangan yang indah di rumah kita. Akan tetapi, pada saat kita memutuskan untuk memelihara ikan cupang, kita juga perlu untuk mempersiapkan perawatan ikan cupang. Oleh sebab itu, untuk merawat ikan cupang, kita perlu mengetahui bagaimana cara merawat ikan cupang dengan benar. Ini dia beberapa tips memelihara ikan cupang dengan benar.



Pemberian makan

Ikan cupang diberikan pakan berupa makanan yang alami contohnya seperti kutu air sebanyak dua kali dalam satu hari. Pemberian makan sebaiknya dilakukan ketika pagi dan sore hari. Pakan ikan cupang diberikan secukupnya saja karena apabila kita terlalu banyak memberikan makan, maka kemungkinan ikan cupang tidak dapat mengahabiskan dan dikhawatirkan pakan tersebut akan membusuk di dalam air. Hal ini dapat mempengaruhi kualitas dari air akuarium dan dapat mengakibatkan ikan cupang peliharaan kita terserang panyakit bahkan dapat berujung kematian.
Cara pemberian pakan pada ikan cupang dengan kutu air sebaiknya dengan menggunakan sendok the supaya kita dapat mengira-ngira seberapa banyak pakan yang harus diberikan. Selain itu, kita juga bisa menggunakan tutup botol air mineral yang diberikan selang di bagian tutupnya. Lalu, kutu air dimasukkan ke dalam botol tersebut dan selanjutnya tinggal disemprotkan ke dalam akuarium.
Selain kutu air, kita juga bisa memberikan pakan selingan pada ikan cupang seperti jentik nyamuk. Jentik nyamuk ini bisa diberikan setiap dua kali satu hari. Kita juga bisa memberikan pakan lain seperti cacing rambut, cacing sutera. Akan tetapi, kita perlu untuk memperhatikan takaran dalam pemberian pakan pada ikan cupang dengan menggunakan cacing.

Perawatan akuarium

Perawatan akuarium ikan cupang, perlu dilakukan secara rutin. Kita dapat mengganti air di dalam akuarium setiap hari. Akan tetapi pergantian air tidak semuanya. Kita hanya perlu mengganti 50% air yang ada di dalam akuarium. Jika kita merasa malas untuk menggantinya, kita dapat menggantinya tiga kali sehari. Akan tetapi ini ialah batas maksimal dan air dalam akuarium harus diganti.
Untuk mengganti air di dalam akuarium secara keseluruhan, kita dapat melakukannya seminggu sekali. Setelah itu, akuarium harus dicuci dengan bersih lalu dijemur supaya bakteri yang terdapat di dalam akuarium mati dan ikan cupang terhindari dari penyakit.

Mengatasi penyakit white spot pada ikan cupang

Apabila ikan cupang peliharaan kita terdapat bercak-bercak putih pada seluruh bagian tubuh ikan, ada kemungkinan bahwa ikan cupang tersebut terserang penyakit white spot. Cara untuk mengatasinya adalah dengan memberikan obat anti bakteri seperti Bliz Id. Cara penggunaannya gampang, yakni dengan meneteskan air akuarium dengan obat tersebut.
Jika di tempat kita tidak ada yang menjual obat tersebut, tidak perlu khawatir karena kita dapat menggunakan garam dapur untuk mengatasi penyakit ini. Cara penggunaannya mudah sekali berikan satu sendok garam dapur pada air akuarium, setelah itu ikan akan terbebas dari penyakit white spot.

Mengatasi penyakit busung pada ikan cupang

Penyakit busung adalah penyakit yang cukup sulit untuk terdeteksi. Karena penyakit busung ini menyerang pada bagian organ dalam ikan cupang. Salah satu tsahabat bahwa ikan cupang terkena penyakit busung adalah perut ikan cupang Nampak terlihat buncit. Cara untuk mengobati ikan cupang yang terkena penyakit kembung ini adalah dengan merendamnya pada larutan Flagil 500 selama 1 hingga 2 jam.

Sekian pembahasan mengenai tips merawat ikan cupang dengan baik, semoga bermanfaat terimakasih.

0 comments:

Post a Comment