Sahabat netter kali ini kita akan membicarakan hewan peliharaan lainnnya yang juga sangat banyak digemari di kalangan pemelihara hewan, digemari karena kecantikan, suara, keahlian, keunikan dan keanehan dari hewan ini, yah...inilah dia.


Sudah pernah tahu salah satu burung yang cantik, unik dan menarik ini? Burung parkit memang kurang banyak dikenal di Indonesia ya, namun burung ini telah banyak digemari terutama di negara lain seperti di Negara-negara Eropa lho. Nah, tetapi seiring dengan perkembangan teknologi dan informasi, maka burung ini sekarang sudah mulai dikenal di Indonesia karena memiliki keunikan tersendiri.

Keunikan burung parkit yaitu bisa beratraksi dan bisa digunakan untuk masteran burung murai batu dan burung cendet. Selain itu burung ini juga memiliki warna yang bervariasi dan juga sangat indah. Mayoritas orang pasti akan merasa senang jika melihat burung dengan bulu yang lembut dan indah ini.

Nah, bagi Sahabat yang berminat memelihara burung parkit, berikut tips dalam memilih burung yang berkualitas baik.
  1. Pilihlah warna burung yang sesuai dengan kesukaan atau warna favorit sahabat
  2. Pilihlah struktur bulu burung yang memiliki tekstur lembut, dengan tekstur ini biasanya burung gampang dijinakkan.
  3. Pilihlah burung parkit yang berusia muda, jangan memilih burung yang terlampau tua. Adapun ciri-ciri parkit sudah terlampau tua adalah struktur sisik kaki yang tampak amat kasar dan gelap. Untuk paruhnya mulai terkikis atau geripis dan amat gelap. Sedangkan untuk parkit yang masih muda biasanya sisik kakinya lebih halus dan fresh serta warna paruhnya lebih cerah.
  4. Pilihlah burung parkit dengan kelamin jantan. Burung kelamin jantan ini biasanya lebih gampang dijinakkan dan dilatih.


Adapun untuk tips memelihara burung parkit agar gacor atau rajin bunyi adalah sebagai berikut.
  1. Lakukanlah penjemuran selama ± 2-3 jam, dan sebaiknya penjemuran ini dilakukan pada pukul 10.00, lalu mandikanlah burung tersebut dalam sangkar dengan cara disemprot.
  2. Berilah makanan biji-bijian seperti biasanya secara teratur
  3. Berikan pula sayur-sayuran seperti tauge dan kangkung untuk menambah birahinya. Sahabat juga bisa memberikan buah-buahan secara bervariasi yang dipotong kecil-kecil semacam koktail. Masukkan sayur atau buah tersebut dalam wadah tersendiri yang terpisah dari wadah makanan biji-bijian.
  4.  Gantilah air minum setiap hari dan sebaiknya tambahkan ¼ sendok teh garam beryodium ke dalam minumannya.
  5. Berikanlah egg food untuk burung parkit sebanyak 2x dalam seminggu. Nah, untuk egg food ini, bahan bakunya berupa telur rebus, wortel mentah atau bisa juga direbus, dan brokoli. Cara membuatnya cukup mudah yaitu dengan memarut wortel dan untuk telur dan brokoli bisa dipotong kecil-kecil. Satukanlah semua bahan tersebut dalam wadah pakan burung, bila perlu sahabat bisa menambahkan biji-bijian untuk merangsang parkit mau memakannya.



Nah, sudah tahukan mengenai cara memilih burung parkit dan cara memeliharanya agar rajin berbunyi? Jika sudah tahu, selamat mencoba ya. Namun, jika Sahabat belum mempunyai koleksi burung ini, yuk segera lengkapi koleksi burungnya dengan membeli burung parkit. 

0 comments:

Post a Comment