Sahabat netter selamat pagi...berikut saya akan menambahkan informasi yang berkaitan dengan hewan peliharaan sahabat, semoga informasi ini dapat membantu dan memberikan perkembangan yang baik terhadap hewan peliharaan yang sahabat gemari. Artikel ini berkaitan dengan ikan cupang, supaya ikan cupang yang sahabat pelihara berkembang dengan baik dan memberikan keuntungan baik secara materil maupun secara non materil.


Pakan ikan cupang sangatlah beragam, baik pakan yang langsung dari alam maupun pakan buatan. Akan tetapi, pakan yang baik untuk pertumbuhan ikan cupang ialah pakan yang mangandung nutrisi yang tinggi. Baiklah, berikut ini beberapa pakan ampuh untuk pertumbuhan ikan cupang dengan kandungan nutrisi yang tinggi.

Jentik nyamuk

Jentik nyamuk adalah salah satu pakan ikan cupang yang paling murah, bahkan mungkin kita tidak perlu mengeluarkan biaya untuk memperoleh pakan ikan cupang yang satu ini. Karena jentik nyamuk memang sangat gampang didapatkan.
Kita bisa memperoleh jentik nyamuk dari genangan air yang tenang, seperti got. Biasanya, jentik nyamuk sangat melimpah pada saat musim kemarau. Jentik nyamuk ini mempunyai kandungan yang baik bagi pertumbuhan ikan cupang.

Namun, kita juga patut untuk berhati-hati dalam memberikan pakan dengan menggunakan jentik nyamuk ini. Karena jentik nyamuk kerap kali membawa beberapa bakteri yang dapat mengakibatkan ikan cupang peliharaan sakit. Selain itu, berilah jentik nyamuk yang masih berupa larva dan jangan berikan jentik nyamuk yang masih berupa kepompong bulat. Jentik nyamuk yang masih berupa kepompong kurang baik untuk ikan cupang karena bisa mengakibatkan perut ikan cupang buncit dan pada akhirnya mati.

Kutu air

Kutu air juga adalah salah satu binatang yang sangat baik digunakan untuk pakan ikan cupang. Karena kutu air mempunyai kandungan yang cukup baik bagi ikan cupang. Kutu air ini terdapat dua jenis, yang pertama ialah kutu air Daphnia serta kutu air Daphnia magna. Kutu air dipercaya bisa menjadikan tulang ikan cupang jadi keras dan kuat, selain itu dapat mencerahkan warna sisik ikan cupang.

Artemia

Artemia atau udang air asin adalah salah satu binatang yang cukup sering digunakan oleh para peternak ikan sebagai pakan ikan mereka. Artemia termasuk dalam jenis keluarga udang, artemia ini biasanya digunakan sebagai pakan anakan ikan cupang yang masih berumur 3 hingga 10 hari.

Artemia yang digunakan sebagai pakan ikan cupang adalah artemia yang saru saja menetas serta memiliki ukuran kurang lebih 0,4 mm.

Ukuran artemia dipilih yang kecil supaya anakan ikan cupang mudah untuk memakannya. Artemia ini dapat digunakan sebagai pakan alternative ketika musim hujan. Karena pada saat musim hujan, jentik nyamuk serta kutu air cukup sulit sekali untuk didapatkan.

Cacing sutra

Cacing sutra adalah pakan yang sangat bagus untuk pertumbuhan ikan cupang. Hal ini dikarenakan cacing sutra mempunyai kandungan lemak yang cukup tinggi. Kandungan lemak yang terdapat pada cacing sutra 12% sampai 13 %. Selain itu, terdapat kandungan nutrisi yang cukup tinggi yakni kandungan serta 2,5% dan protein 50%.
Untuk memperoleh cacing sutra cukup mudah, kita dapat mencari langsung cari sutra di selokan. Akan tetapi, jika kita tidak mempunyai waktu luang, kita dapat langsung membeli cacing sutra di toko ikan.

Cacing darah

Cacing darah biasanya digunakan sebagai pakan ikan dalam keadaan beku atau kering. Dalam keadaan beku atau kering cacing darah tersebut sudah dalam keadaan mati. Padahal ikan cupang lebih gemar makanan yang masih hidup. Oleh sebab itu, gunakanlah cacing darah ini sebagai pakan alternative saja.

Cacing halus

Cacing halus adalah makanan yang cukup banyak digunakan oleh para penggemar ikan cupang. Bagaimana tidak, cacing halus ini cukup mudah diperoleh dan bahkan sangat mudah untuk dibudidayakan. Efek yang dihasilkan dari pakan cacing halus ini adalah pertumbuhan ikan cupang lebih cepat, meningkatkan kesehatan ikan cupang dan meningkatkan kecerahan warna ikan cupang.


Demikianlah pembahasan kita kali ini mengenai pakan paling ampuh untuk pertumbuhan ikan cupang, semoga bermanfaat baik secara maeril maupun non materil, sebenarnya pakan-pakan ikan yang telah disebutkan diatas juga memberikan pengaruh sangat besar kepada jenis ikan lainnya, seperti lele, gurami, louhan, dan jenis-jenis ikan peliharaan lainnya

0 comments:

Post a Comment