Sahabat netter, pada kesempatan ini saya akan membagi informasi menarik seputar ayam yang dijadikan sebagai hewan peliharaan karena hobby, yang sedang trend dipelihara di mayarakat kita, tidak hanya di Desa-desa bahkan sampai ke Kota besar, sangat banyak peminatnya. Jenis dan bentuknyapun beragam ada jenis biasa dan ada pula ayam jenis lain yang di impor oleh pemelihara dari luar daerahnya bahkan mancanegara. Untuk harga juga bervariasi sekali ada yang masih bersahabat dibawah standar ada juga yang harga karena hobby atau sangat tidak masuk akal alias mahal.
Nah berikut ini adalah salah satu jenis ayam yang digemari oleh pencinta ayam, yaitu ayam Cimani dan pada pembahasan kali ini kita akan melihat sisi keistimewaan ayam cimani yang harus sahabat ketahui.
Tak dapat dipungkiri lagi bahwa ayam cemani adalah salah satu jenis ayam hias termahal di dunia saat ini. Dapat dikatakan bahwa ayam ini merupakan “Lamborghini-nya” ayam hias. Karena ayam yang berasal dari Indonesia ini dapat dikatakan cukup langka dan harga untuk seekor anak ayak cemani yang baru berumur satu hari saja tembus dihargai 2,5 juta di Amerika. Bahkan harga tersebut dapat meningkat berlipat-lipat bila dijual pada pasar gelap.
Dibalik harganya yang sangat mahal, ayam yang memiliki warna yang serba hitam ini ternyata menyimpan sejuta misteri serta keajaiban yang tidak diketahui oleh banyak orang awam. Berikut ini 6 keistimewaan ayam cemani yang wajib untuk sahabat ketahui.


1. Sudah terkenal sejak zaman kerajaan majapahit
Berdasarkan cerita dari masyarakat kota Temanggung, ayam ini berasal dari Jawa Tengah dan telah ada sejak zaman kerajaan majapahit. Konon pemilik pertama ayam ini adalah seorang petapa sakti yang bernama Ki Ageng Mangkuhan. Akan tetapi pada waktu itu ayam cemani mempunyai paruh berwarna putih dan pernah dipakai untuk mengobati penyakit pada seorang anak pejabat di daerah tersebut. Dan pada akhirnya penyakit anak tersebut dapat diobati.
Setelah berhasil digunakan untuk mengobati berbagai macam penyakit, ayam cemani tersebut dikawinkan dengan ayam jenis lain yang sama-sama memiliki warna yang hitam legam. Buah dari hasil perkawinan itu ayang yang menetas justru keseluruhan badannya berwarna hitam legam, tidak terkecuali pada bagian paruhnya juga berwarna hitam. Oleh sebab itulah ayam ini dinamakan ayam cemani, yang diambil dari bahasa Sansekerta yang berarti ayam hitam legam.

2. Ayam cemani sebagai pelengkap upacara adat


Dengan keunikan yang dimilikinya, ayam cemani diyakini oleh masyarakat memiliki kemampuan magis dan dapat menolak bala yang berasal dari makhluk tak kasat mata. Biasanya digunakan dalam berbagai macam kegiatan ritual dan upacara adat. Sampai saat ini, kegiatan seperti itu cukup sering dilakukan di Indonesia. Akan tetapi, mitos ataupun kepercayaan yang ada pada masyarakat tersebut hingga detik ini belum bisa dibuktikan.

3. Ayam cemani sebagai penolak bala
Ciri khas dari ayam cemani yaitu terdapat pada warnanya yang serba hitam. Bahkan dapat dikatakan 100% warna ayam cemani hitam.mulai dari bulu, kulit, daging, darah, mata sampai pada tulangnya berwarna hitam. Hal inilah yang menyebabkan timbulnya berbagai kepercayaan di masyarakat.
Tidak sedikit masyarakat yang menganggap bahwa ayam cemani bisa mendatangkan keberuntungan bagi sang pemilik. Diyakini pula bahwa jika semakin hitam ayam cemani, maka cemakin beruntung sang pemiliknya.
Kepercayaan ini sampai saat ini masih belum bisa dibuktikan kebenarannya. Meskipun demikian, masyarakat Indonesia sampai sekarang ini masih mempercayai hal tersebut.

4. Ayam cemani sudah semakin langka


Sekarang ini populasi ayam cemani amat sangat menurun drastic. Maka, tak heran kalau ayam cemani memiliki harga yang sangat mahal. Menurut data yang dihimpun dari BackyardChickenCoops, jumlah ayam cemani yang ada di seluruh dunia kurang lebih 3500 ekor. Hal ini dikarenakan oleh tingkat perkembang biakannya yang memang cukup lambat serta hanya bisa dibudidayakan di Indonesia serta beberapa Negara Eropa saja.

5. Telur ayam cemani berwarna putih
Yang cukup mengherankan dari ayam cemani ialah telurnya. Telur ayam ini memiliki warna serta bentuk sama pada telur ayam pada umumnya, yakni berwarna putih. Pada saat bagian dalam telur dilihat pun tetap sama dengan telur ayam pada umumnya.

Itulah beberapa keistimewaan dari si ayam cemani, sekian dulu informasi sederhana yang bisa saya share tentang keistimewaan ayam cemani yang harus sahabatketahui semoga bermanfaat, jika sahabat memiliki informasi berbeda silahkan memberikan komentar di dalam kolom yang tersedia, untuk menambah dan memperluas ilmu pengetahuan.

2 comments:

  1. Kalau lihat ayam cemani jadi ingat waktu main di kawasan Jawa Tengah, banyak kisah dan ceita yang unik dari satwa yang satu ini.

    ReplyDelete
  2. ayamnya lucu hehehe.. mantap gan artikelnya

    ReplyDelete