Kelinci adalah salah satu jenis hewan yang termasuk dalam ketegori herbivore atau pemakan tumbuhan, jika di alam liar mungkin kelinci bisa memperoleh makanannya dengan bebas dan juga bisa memilih makanan sesuai kesukaannya, akan tetapi jika kelinci tersebut dibudidayakan pastinya tidak akan sebebas ketika berada di alam liar, baik itu dari kondisi tempat tinggalnya maupun makanan yang akan dikonsumsi, karena apa bila kelinci sudah dibudidayakan maka mereka akan bergantung kepada peternak untuk urusan pakan yang akan dikonsumsi.


Tidak hanya itu, pakan yang akan dikonsumsi oleh si kelinci tidak dapat memilih makanan segemarannya, karena pakan yang diberikan bergantung pada si peternak itu sendiri, namun yang pasti makanan yang sangat baik diberikan kepada kelinci yaitu yang berasal dari dedaunan yang masih fresh atau segar hal ini dikarenakan masih cukup banyak mengandung nutrisi yang baik bagi kelinci.

Memberikan pakan alami memang sumber asupan yang baik untuk kelinci, akan tetapi kadang disebagian daerah cukup sulit untuk mendapatkannya, misalnya saja ketika musim kemarau pada daerah yang dataran tinggi, pasti disana akan cukup sulit untuk memperoleh pakan alami dari dedaunan, untuk mengatasi masalah tersebut biasanya para peternak membuat pakan alternative untuk kelinci.

Penting untuk sahabat ketahui juga bahwa pakan alami yang diberikan kepada kelinci tidaklah semuanya itu baik diberikan kepada kelinci hal ini karena terdapat beberapa jenis dedaunan yang apa bila sampai dikonsumsi oleh kelinci malah akan membuat kelinci tersebut seperti terserang panyakit kulit. Namun sahabat tidak perlu khawatir karena dedaunan tersebut adalah sebagian kecil dari dedaunan yang dilarang diberikan kepada kelinci, karena masih ada banyak jenis dedaunan yang dapat dipilih sebagai sumber makanan untuk kelinci.
Berikut ini penjabarannya.                                                          

1. Daun lagetang

Daun lagetang atau biasa orang menyebutnya lagetan adalah jenis tumbuhan yang dapat diperoleh disekitar kebun maupun telaga, karena disana memang tempat tumbuhnya tumbuhan lagetan ini. Di daerah tempat saya tinggal, tidak sulit untuk menemukan daun lagetan dan memang sudah sering digunakan oleh peternak untuk diberikan kepada kelinci peliharaan, daun lagetan ini memiliki aroma yang wangi sehingga cukup baik apa bila diberikan kepada kelinci sebagai sumber makanan.

2. Rerumputan

Rerumputan memang sudah banyak dijadikan sebagai sumber pakan untuk kelinci karena memang baik untuk pertumbuhan kelinci selain itu cukup mudah untuk memperolehnya, pakan berupa rerumputan ini bisa diperoleh di area persawahan yang ditanami tumbuhan palawija.

3. Daun kangkung

Daun kangkung adalah jenis sayuran yang bisa jga digunakan sebagai pakan untuk kelinci, akan tetapi pemberiannya harus tetap diperhatikan karena kangkung sendiri mempunyai kandungan air yang cukup tinggi sehingga harus dijadikan layu terlebih dahulu sebelum diberikan langsung kepada kelinci, jika langsung diberikan ketika dari dipetik biasanya kelinci akan mencret, selain itu air kencing kelinci jadi berbau.

4. Daun ubi jalar

Daun ubi jalar atau biasa disebut lontop ini sama halnya seperti daun kangkung yakni memiliki kadar air yang cukup tinggi, namun tidak setinggi kadar air pada kangkung, jadi sebelum diberikan pada kelinci ada baiknya daun ubi jalar ini sahabat layukan terlebih dahulu barulah diberikan pada kelinci.

5. Daun pisang

Daun pisang bisa menjadi alternative sebagai pakan untuk kelinci, namun tidak boleh terlalu sering diberikan, karena daun pisang terlalu banyak mengandung serat sehingga tidak baik pada pencernaan kelinci. Biasanya para peternak memberikan daun pisang ini pada kelinci yang menderita mencret akibat dari kekurangan serat.


Sekian dulu secuil informasi yang bisa saya share mengenai makanan yang sangat baik diberikan kepada kelinci peliharaan, semoga apa yang saya share bermanfaat. 

0 comments:

Post a Comment