Kelinci adalah hewan yang gemar sekali dengan makanan yang berasal dari tumbuh-tumbuhan apalagi daunnya, tetapi dari sekian banyak tumbuhan yang digemari kelinci terdapat beberapa makanan yang harus dihindari kelinci, makanan tersebut bukannya dilarang diberikan pada kelinci akan tetapi karena ada beberapa hal seperti zat-zat yang terdapat di dalam makanan tersebut yang dapat berdampak kurang baik terhadap kelinci peliharaan.


Biasanya para peternak memberi makanan ini hanya sebagai selingan saja bahkan malah tidak pernah memberikannya sama sekali, dikarenakan ada beberapa jenis makanan yang memang tidak boleh diberikan kepada kelinci karena di dalamnya terkandung zat yang berbahaya.

Mungkin ada beberapa pendapat yang berbeda-beda mengenai makanan yang harus dihindari untuk kelinci peliharaan, akan tetapi yang jelas semua itu untuk satu tujuan yakni demi kebaikan si kelinci, so ini mungkin bisa menjadi bahan refrensi untuk sahabat semua mengenai makanan apa saja yang bagus diberikan untuk kelinci dan yang tidak.

Untuk para peternak kelinci yang telah lama malang melintang di dunia peternakan kelinci mungkin saja telah tau seluk beluk makanan yang baik dan juga yang tidak baik diberikan untuk kelinci, namun bagi sahabat yang saat ini belum mengetahui dapat menyimaknya di bawah ini.

Jenis makanan yang harus diwaspadai untuk kelinci.

Daun lamtoro

Daun lamtoro atau yang lebih populer dengan sebutan petai cina ini sebetulnya mempunyai kandungan protein yang cukup tinggi, akan tetapi di dalamnya juga terkandung zat beracun atau mimosine yang dapat mengakibatkan rontoknya bulu pada kelinci, daun lamtoro ini ada baiknya tidak diberikan kepada kelinci dengan tujuan mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan pada kelinci.

Wortel

Mungkin banyak orang yang menganggap bahwa hewan kelinci beridentik dengan wortel akan tetapi pada kenyataannya, wortel sebetulnya hanya boleh diberikan sebagai selingan saja pada kelinci, karena di dalam wortel terdapat kandungan gula yang cukup tinggi sehingga dapat berdampak tidak baik, diantaranya seperti tingkat pertumbuhan yang tidak wajar serta masalah pada pencernaan kelinci dampak dari mengonsumsi wortel yang berlebihan.

Sayur kangkung

Sayur kangkung mungkin salah satu makanan yang digemari kelinci akan tetapi karena kandungan serat kasarnya yang cukup tinggi dapat mengakibatkan sulitnya sistem pencernaan kelinci, selain itu sayur kangkung yang tergolong tanaman bamboo ini berpotensi menyimpan gas serta bakteri. Salah satu yang paling terasa jika kelinci diberikan sayur kangkung adalah air kencingnya akan berbau tidak sedap.

Rumput gajah

Rumput gajah mempunyai tekstur yang nampaknya tajam, sehingga dapat mengakibatkan lidah dan juga tenggorokan kelinci terluka, so ada abaiknya untuk menghindari pakan ini meskipun pada dasarnya rumput gajah memiliki kandungan serat kasar yang sangat baik. Sebetulnya bisa juga rumput gajah ini dikeringkan selama dua atau tiga hari setelah itu dicacah barulah kemudian dapat diberikan pada kelinci, akan tetapi karena teksturnya yang sudah menjadi kering jadi biasanya kelinci sudah tidak tertarik untuk memakannya.

Daun kol

Di dalam daun kol terdapat kandungan serta kasar yang cukup tinggi sehingga tidak baik diberikan kepada kelinci secara terus menerus, karena dapat mengakibatkan si kelinci kembung, dari gejala kembung ini dapat berujung ke pada kematian jika tidak segera untuk di atasi.


Demikianlah informasi mengenai makanan yang harus dihindari untuk kelinci peliharan sahabat, semoga informasi ini dapat berguna serta bermanfaat.

0 comments:

Post a Comment