Sahabat, Kelinci adalah binatang yang lucu, unik dan menarik, selain itu kelinci juga termasuk kepada jenis hewan peliharaan yang menggemaskan sangat mengemaskan sehingga membuat banyak orang menyukai jenis hewan ini untuk dipelihara sebagai hobby dan kesenangan tertentu apalagi anak-nak.  Namun demikian tidak semua orang bisa berhasil memelihara kelinci,  kalaupun ada mungkin tidak akan bertahan lama dengan kata lain cendrung gagal seperti kelincinya belum sampai besar sudah mati.
Bagi anak-anak binatang ini menyenangkan dan menggemaskan, apalagi jenis kelinci angora yang memiliki tubuh sedang dengan bulu badan yang panjang sehingga menggemaskan sekali. Apalagi hewan ini tergolong aman untuk peralatan rumah tangga, karena hewan ini tidak memiliki kuku yang panjang sehingga tidak merusak peralatan rumah seperti sova dan kasur. Tidak sama dengan kucing yang harus mengasah kukunya untuk menajamkan, sehingga kucing meggarukkan kuku ke peralatan rumah tangga.
Sahabat, meskipun kelinci adalah termasuk kedalam golongan hewan liar yang hidup di alam bebas, namun demikian kelinci bisa dijadikan hewan peliharaan, asalkan saja penanganannya tepat. Bahkan jika dipelihara dengan baik kelinci akan menjadi hewan peliharaan yang sangat jinak dan menggemaskan pula layaknya seekor kucing.
Untuk memelihara hewan seperti kelinci ini dapat dilakukan untuk beberapa hal, seperti karena hobby, karena kasihan, bahkan yang paling menarik dan menguntungkan adalah menjadikan hobby sebagai media untuk mendatangkan penghasilan yang baik dan berkualitas. Karena memelihara kelinci juga bisa digunakan untuk kepantingan finansial guna kebutuhan rumah tangga jasmani dan rohani.
Dalam hal beternak kelinci yang berorientasi bisnis ini, dapat dilakukan sesuai dengan kebutuhan pasar karena saat ini kebutuhan daging kelinci masih kurang sementara permintaan pasar untuk daging kelinci semakin meningkat, seperti untuk sate kelinci dan sebagainya. Dibagian lain kita tahu bahwa kelinci adalah hewan hias yang menarik dan menggemaskan dan juga termasuk kepada jenis Hewanpeliharaan yang populer di Indonesia.
Oleh karena kelinci memiliki prospek yang tinggi dari berbagai bidang sehinnga bisa membantu kita dalam hal finansial, maka memelihara kelinci haruslah tepat sehingga bisa menghasilkan banyak manfaat bagi kita. Supaya kelinci yang kita pelihara tidak mudah sakit, kumal dan mati maka berikut ini akan dibeberkan beberapa tip jitu memelihara kelinci sebagai berikut:
Memberi makan yang cukup


Kelinci adalah hewan pengerat yang menyukai umbi-umbian, seperti sayur sawi, kangkung, ketela, kol dan makanan yang paling populer bagi seekor kelinci adalah wortel. Untuk kelinci yang masih dalam masa pertumbuhan, alias kelinci yang masih kecil sebaiknya sahabat memberikan makanan yang memiliki kandungan air lebih banyak seperti daun sawi, supaya sahabat tidak perlu memberikan air sebagai minuman, karena khawatir salah dalam memberikan minuman kepada kelinci membuat kelinci sahabat jadi mati.
Kesalahan dalam memberikan minuman kepada kelinci yang masih kecil adalah ketika memberikan minuman kepada kelinci dengan cara memaksanya, atau menekukkan kepada kelinci kedalam air sehingga ketika minum kelinci menghirup air melalui hidungnya dan menyebabkan kelinci terkena flu dan mati. Oleh karena itu sebaiknya lakukan trik memberi makan kelinci yang masih kecil dengan hanya memberikan sawi yang masih segar dan mengandung banyak air.
Berbeda dengan perlakuan kelinci dewasa kita harus memberikan makanan yang cukup dan memberikan banyak umbi-umbian dan menyediakan tempat minum bagi kelinci tersebut, karena kelinci yang sudah besar sudah mengerti bagaimana caranya minum dan memilih makanan yang tepat.
Bersihkan Kandang setiap hari

Kelinci adalah hewan yang senang dengan kondisi suhu yang dingin, namun demikian kelinci tidak senang tinggal atau tidur di tempat yang lembab, kecuali terpaksa, oleh karena itu kita sebagai pemelihara hewan ini harus membersihkan kandangnya dari kotoran dan air. Selain itu kita harus memperhatikan kandang kelinci agar tidak dimasuki oleh air hujan.
Sebaiknya lakukan pembersihan kandang kelinci setiap hari, sehingga hewan yang senang di empat bersih ini menjadi sehat karena kandang tidak kotor, lembab dan bau. Hal ini dilakukan supaya kelinci tidak stres lalu mati. Selain itu bersihkan kandang dari sisa makanan kelinci. Pokoknya harus bersih.
Hindari Memegang Kelinci

Sebaiknya bagi pemelihara kelinci jangan sering memegang kelinci, apalagi dengan cara yang tidak tepat seperti menjinjing telinga kelinci untuk memindahkannya dari suatu tempat ke tempat yang lain, sebaiknya hal ini dihindarkan kerena henwan ini termasuk kepada hewan yang penakut dan jika diperlakukan kasar sehingga membuatnya stres karena tersakiti, akan berakibat kematian bagi kelinci yang kita pelihara. Terutama kelinci yang masih kecil. Untuk itu jika memang terpaksa lakukanlah dengan sebaik mungkin dan selembut mungkin.
Hal lain yang mesti diperhatikan adalah hindari kelinci dari anak-anak supaya tetap sehat, karena anak-anak suka sekali memegang hewan yang berbulu dengan caranya sendiri, namun tidak profesional sehingga kelinci tersakiti.
Pelihara Dengan Cara Berpasangan

Kelinci adalah hewan yang juga memiliki kepekaan sosial namun kepekaan sosial kelinci ini terjadi hanya bagi jenisnya saja, oleh karena itu sebainya sahabat memelihara kelinci yang berpasangan atau lebih dari satu ekor, karena memelihara kelinci satu ekor akan membuat kelinci jadi stres dan mati.
Sahabat, begitulah beberapa cara yang dapat saya sampaikan kepada sahabat semuanya yang saat ini masih mencari-cari bagaimana caranya memelihara kelinci, dan bagaimana tip jitunya supaya berhasil. Semoga artikel ini bermanfaat dan sahabat dapatkan kebaikan dari artikel ini.
Jika diantara sahabat memiliki tips lain yang menurut sahabat sangat bermanfaat maka silahkan sahabat berbagi, karena berbagi itu indah dan berbagi adalah salah satu cara untuk menjadikan ilmu bertambah, caranya sangat gampang sekali. Dibawah postingan ini terdapat kolom komentar maka berkomentarlah disana sesuai dengan pengetahuan sahabat, dan rasakan manfaat dari berbagi. Untuk informasi mengenai hal lainnya dapat dahabat kunjungi artikel-artikel terkait pada bagian dashbord blog ini mengenai Animals dan klik pada bagian peliharaan.
Selamat beraktifitas dan salam keberhasilan.




4 comments:

  1. Request gan 1nya kelinci, marmut gan hehe

    ReplyDelete
  2. stlah jala2 di post nya s abang sy jadi inget ama klinci sy.. bang post nya kreeen pisaan. salam knal yaa..

    RISWAN IRAWAN KHANS

    ReplyDelete
    Replies
    1. semoga siabang merawat kelincinya dengan baik ya...thanks bang...salam kenal juga

      Delete