Salam sahabat, kali ini kita akan membicarakan mengenai hewan hias peliharaan yang banyak digemari dan digandrungi oleh banyak orang. Yups...... inilah ia jenis-jenisikan hias peliharaan.
Memelihara ikan adalah kegemaran sebagian masyarakat Indonesia, mulai dari kalangan anak-anak, remaja sampai pada orang tua. Meletakkan sebuah akuarium di dalam rumah dengan banyak ikan hias yang beraneka ragam membuat hati terasa tenang dan relax. Selain itu perawatan ikan hias juga tidak terlalu sulit, yang terpenting adalah selalu membersihkan tempat tinggalnya. Alias membersihkan akuarium atau kolam yang dibuat khusus deidepan rumah. Berikut adalah beberapa jenis ikan hias yang banyak dipelihara oleh masyarakat Indonesia.


Jenis ikan hias kedua adalah Nirwana. Banyak yang memelihara ikan nirwana ini karena percaya bisa mendatangkan keberuntungan. Ikan ini memiliki warna dan bentuk tubuh yang indah, biasanya ikan nirwana bisa mencapai panjang 1 meter lebih.
Ikan Nirwana memiliki habitat pada perairan air tawar dan payau, yaitu pada sungai-sungai yang memiliki kayu-kayu yang sudah rapuh di dasar sungai. Harga ikan ini sangat mahal karena ikan ini termasuk kedalam golongan ikan yang hampir punah. Namun berhasil dibudayakan kembali.


Pertama adalah ikan Oscar. Ikan ini bentuknya hampir mirip dengan ikan gurame terutama bentuk tubuh dan sirip bagian atasnya. Hanya saja pada ikan Oscar ini warna tubuhnya lebih terang seperti orange, merah, hitam dan putih. Kombinasi warna tersebut membuat tubuh ikan nampak cantik sehingga cocok ditaruh di akuarium rumah.
Ikan Oskar senang hidup di air sungai yang dibawahnya tenang, dan memiliki pasir serta kayu-kayu yang sudah rapuh terendam air. Ikan oskar ini adalah jenis ikan pemangsa, oleh karna itu hendaknya kita tidak mencampurkan ikan ini dengan ikan lainnya.
Ada beberapa jenis ikan Oskar yaitu:
-            Tiger Oscar
-            Red Tiger Oscar
-            Albino Tiger Oscar
-            Albino Red Oscar
-            Gold Oscar
-            Half Back Oscar
-            Long Fin Oscar  


Jenis ikanhias ketiga adalah ikan koki. Ikan koki ini menjadi ikan yang popular karena bentuknya yang lucu, bertumbuh gembul dan memiliki punuk dikepalanya. Hampir semua akuarium di rumah-rumah memiliki ikan jenis koki ini.
Warna ikan koki sangat banyak seperti merah, kuning, hitam dan putih, siripnya yang panjang daripada tubuhnya membuat ikan ini semakin menarik untuk dilihat, gerak tubuhnya yang gemulai membuat hati semakin senang, tapi jangan sampai memberikan makanan terlalu banyak kepada ikan ini karena bakalan mabuk, pusing dan mati. Jadi berilah makan kepada ikan sesuai dengan kadarnya. Dan jangan lupa membersihkan akuarium tempat ikan ini, sekurangnya sakali dalam satu bulan.


Keempat adalah ikan cupang. Ikan cupang banyak disukai oleh pra remaja karea ikan ini bisa diadu, meskipun pada dasarnya hal ini adalah salah. Selain itu bentuk dan warna ikan cupang juga sangat indah sehingga menarik minat banyak orang untuk memilikinya.
Ikan cupang memiliki sirip yang bisa mengembang ketika ada lawannya yang mendekati, lebih unik lagi jika sahabat mencoba untuk meletakkan ikan ini disamping kaca, maka ikan akan mengembangkan siripnya ketika melihat bayangannya sendiri, bahkan mau menabrak dinding botol tempat tinggalnya.
Habitat ikan ini ada di air tawar dan payau, maka kita tidak usah mencari air asin untuk memelihara ikan ini, selain itu ikan cupang termasuk kepada ikan yang tangguh. Mudah hidup dalam kondisi lapang maupun sempit.


Jenis ikan hias kelima adalah ikan lohan. Ikan ini banyak digemari karena bentuknya yang unik. Bentuk kepalanya seperti ikan koki, sedangkan tubuhnya seperti ikan gurame. Warna pada ikan ini juga beragam mulai dari merah, kuning, orange dan lain-lain.
Ikan ini memilki habitat di air tawar, sehingga memelihara ikan ini tidaklah memberikan kesulitan bahkan dengan warna sirip yang indah memberikan kesenangan tersendiri pada kita.
Itulah beberapa jenis ikan hias yang bisa anda pilih untuk melengkapi ikan hias di akuarium anda. Merawat ikan menjadi kegiatan sampingan yang menyenangkan terlebih jika seharian bekerja dan anda merasa lelah anda bisa merelaxsasikan diri dengan hanya sekedar melihat dan member makan ikan hias tersebut.

Sahabat, demikian artikel mengenai jenis-jenis ikan hias peliharaan yang saya share kali ini, berikutnya saya akan memberikan informasi lebih dalam lagi berkenaan dengan masing-masing ikan. Oleh karena itu tetap ikuti blog ini dan dapatkan informasi terlengkap dan terbaru mengenai banyak hal, karena bagi saya berbagi adalah menyenangkan. 

0 comments:

Post a Comment