Salam netizeninfo.com. postingan kali ini membahas tentang hewan peliharaan yang memiliki bulu dan memiliki kemampuan untuk terbang, dialah jenis hewan peliharaan yang disangkarkan atau dikandangkan dengan kandang khusus. Hewan peliharaan seperti burung ini jika tidak disangkarkan maka akan pergi ketempat lain menghilang atau diambil oleh penggemar burung lainnya.
Ada beberapa jenis burung yang bisa dijadikan sebagai hewan peliharaan guna menyalurkan hobby atau bahkan dijadikan sebagai ajang bisnis bagi para pencinta hewan terutama dengan jenis burung ini.
Jenis-jenis burung peliharaan, Memelihara burung adalah kegemaran sebagian masyarakat Indonesia terutama para kaum pria. Burung yang dipelihara ini bukan dimanfaatkan untuk diambil telur atau dagingnya melainkan untuk memenuhi kebutuhan hobby dan kegemaran. Biasanya jenis burung yang dipilih dilihat dari keindahan fisik dan suaranya. Berikut adalah jenis-jenis burung peliharaan yang menawan.


Pertama adalah burung jalak. Burung jalak adalah burung yang memiliki bulu yang sangat indah. Selain keindahan bulunya, burung jalak juga memiliki kicauan yang khas. Dia mampu berkicau dengan suara yang indah layaknya sebuah lagu. Ada beberapa jenis jalak yang ada di Indonesia seperti jalak kuning, jalak sungu, jalak abu-abu, jalak hitam, jalak putih dan jalak Bali.
Burung jalak bisa meniru suara yang ada di sekitarnya,  meski demikian peniruan suara yang dilakukan oleh burung jalak tidak jelas persis dengan suara yang sesungguhnya, hal ini merupakan salah satu kelemahan dari burung jalak, berbeda halnya dengan burung beo yang bisa menirukan suara lebih mirip dengan suara asli yang didengarnya.


Jenis-jenisburung peliharaan kedua adalah burung kakatua. Burung ini adalah burung yang cerdas karena bisa menirukan suara manusia. Bentuk fisik burung ini sangat indah, ia memiliki jambul di bagian kepala sebagai ciri khasnya dengan paruh pendek yang melengkung. Adapun jenis kakatua di Indonesia diantaranya kakatua alba, kakatua jambul kesumba, kemudian kakatua jambul kuning, kakatua raja, kakatua putih kecil dan lain-lain.
Burung kakak tua adalah burung yang bisa dilatih untuk terbang mengitari alam dan kembali lagi ke tangan orang yang melepaskannya, burung kakak tua juga memiliki kemampuan bicara seperti manusia.

Ketiga adalah burung kenari. Burung ini menjadi burung peliharaan favorit karena kecantikan bulunya. Burung ini memiliki tubuh yang mungil namun sangat lincah. Ditambah suara kicauannya yang sangat merdu membuat semua orang yang melihatnya jatuh cinta.
Burung kenari ini juga dikenal dengan burung cinta, karena kebiasaan burung ini bertengger dengan pasangannya dengan membentuk posisi love, oleh karena itu burung ini dikenal dengan burung cinta.


Jenis-jenisburung peliharaan keempat adalah burung bayan. Burung bayan terutama yang betina sangat disukai para pecinta burung karena corak bulunya yang menawan dengan berbagai warna. Umumnya waran burung bayan betina berwarna merah dan biru pada bagian bawah sayap, sedangkan ekor bagian ujungnya berwarna kuning. Untuk bayan jantan warna hijau terang dengan perpaduan warna merah dibagian sayap dan kuning pada ekornya.


Kelima adalah burung beo. Burung ini banyak dipelihara karena kecerdasannya dalam menirukan suara yang didengarnya terutama bunyi siulan, seruan, teriakan atau panggilan. Burung ini berwarna hitam dengan paruh kuning kemerah-merahan yang terlihat sangat gagah.
Burung beo sudah menjadi peliharaan manusia semenjak zaman dahulu, karena keunikan dan kemampuannya dalam menirukan kata-kata manusia, bahkan ada burung beo yang memiliki kemampuan untuk merangkai kata-kata sendiri yang memiliki makna singkat, seperti burung beo abu-abu dari Afrika.
Itulah beberapa jenis-jenis burung peliharaan yang popular di Indonesia. Memelihara burung tidak hanya bermanfaat untuk menenangkan jiwa karena melihat keindahan fisik atau mendengar kicauannya melainkan untuk berbisnis juga mengingat harga burung hias saat ini sangatlah mahal.
Sahabat netter demikian postingan yang dapat saya sampaikan saat ini, semoga dalam memilih burung sebagai hewan peliharaan dapat dipertimbangkan dengan baik dan kita mendapatkan menfaat yang menyenangkan dengan memelihara burung tersebut, begitu juga dengan pemilihan burung peliharaan semoga didapati burung yang diharapkan dan diinginkan.

Bagi sahabat yang sudah memiliki hewan peliharaan berupa burung diaharapkan dapat memberikan ilmu bagaimana cara memelihara hewan dengan baik persi masing-masing sesuai dengan burung peliharaan yang ada dipeliharaan sahabat, semoga sahabat lainnya dapat meniru dan mendapatkan manfaat dari membaca masukan dari sahabat semuanya. Jika sahabat berkenan untuk berbagi.....silahkan berbagi di kolom komentar yang tersedia dibawah ini dan bagi sahabat yang memiliki saran ide dan lain sebagainya silahkan menyampaikannya melalui kolom komentar, sebagai penulis saya mengucapkan ribuan terimakasih.

0 comments:

Post a Comment