Sahabat tahu nggak kalau marmut itu adalah hewan yang lucu, unik dan menggemaskan? Tentu saja sahabat yang sudah pernah melihat hewan ini akan berkata ya...tapi bagaimana dengan sahabat yang tidak megetahui bahkan belum pernah bertemu dengan hewan ini sama sekali. Penasaran dengan marmut, apalagi untuk dipelihara, ternyata selain lucu marmut adalah hewan yang anti melarikan diri dari pemiliknya karena marmut adalah hewan yang penakut dan merupakan salah satu hewan yang menyenangkan untuk dijadikan peliharaan, menggemaskan dan lucu.

Lalu bagi sahabat yang berniat untuk memelihara marmut sebagai hobby, saya akan bagikan bagaimana cara-cara memelihara marmut sebagai pemula supaya marmut anda dapat dipelihara dengan baik, sehingga sahabat dapat menikmati persahabatan dengan marmut baru anda bertahun-tahun.

Cara pertama: Menjinakkan Marmut


Hewan seperti Marmut ini dapat menjadi peliharaan bagi anak-anak  daiatas usia enam tahun. Marmut merupakan hewan peliharaan yang jinak dan senang dibelai. Pertama kali sampai di rumah, hewan peliharaan ini akan menghargai jika dibiarkan sendiri untuk selama hari untuk penyesuaian diri dengan lingkungan yang baru. Meski marmut tidak suka diangkat pertama kali alias akan kabur untuk menghindar, sedikit pancingan sayuran atau makanan kesukaan lainnya dilengkapi dengan kesabaran akan membantu untuk terbiasa ditemani sahabat.

Marmut adalah hewan yang mudah kaget,untuk itu gunakanlah suara yang lembut dan gerakan perlahan supaya mereka tetap tenang. Untuk menghindari kecelakaan gunakanlah handuk pada saat memegang mereka. ketikan mengangkat dan membawa marmut untuk dipindahkan, pastikanlah memegang keseluruhan badannya dengan menggunakan dua tangan. Karena marmut mudah terluka jika saja jatuh dan terkadang menggigit jika tidak dipegang dengan benar.

Sebaiknya anak-anak tidak diizinkan untuk memindahkan marmut, karena dikhawatirkan tidak ditangani dengan baik, sehingga merusak kepada marmut itu sendiri. Atau sebaiknya anak-anak yang bermain dengan marmut diawasi oleh orang tuanya.

Cara kedua: Menyediakan kandang yang baik bagi marmut


Sebaiknya menyediakan Kandang yang lebih besar agar terdapat ruangan yang cukup untuk bermain- mainan dan olah raga. Bentuk atau bahan Kandang dapat dibuat dengan kawat kotak dan lembaran coroplast daripada kandang yang lebih kecil dengan bahan dasar dari kawat yang dapat melukai kaki marmut.

Didalam kandang jangan mencampurkan marmut dengan hewan peliharaan lainnya kecuali dengan pasangan marmut lainnya, dikhawatirkan marmut tidak bisa berinteraksi dengan hewan lain yang tidak serupa dengannya.

Cara ketiga: Pelihara marmut di lokasi terbuka


Aliran udara yang bebas dan dimasuki oleh cahaya matahari yang cukup akan memberikan kebaikan bagi kebanyakan makhluk hidup termasuk bagi marmut yang sahabat pelihara, namun sebaiknya diperhatikan suhu ruangan untuk marmut ini yaitu antara 18-24 CC artinya suhu raungan tidak terlalu panas dan tidak terlalu dingin.

Ingat; jangan meninggalkan marmut dangan hewan pemangsa seperti anjing, kucing, burung dan lainya supaya umur marmut tetap panjang dan persahabatan sahabat dengan marmut berlangsung lama.

Cara keempat: Penuhi Kebutuhan Marmut


Untuk memenuhi kebutuhan marmut sebaiknya didalam kandang diberikan tempat minum marmut, tempat makan, jerami sebagai kasur tidur atau sekam atau bekas ketaman kayu, sebuah kotak kecil untuk berlindung bagi marmut (dikenal juga dengan nama pigloo) dan perlengkapan bermain lainnya seperti tangga kecil atau seluncuran kecil sehingga marmut senang dan merasa di habitatnya sendiri.

Cara kelima: Lengkapi Vitamin Dalam Makanan Marmut





Marmutmerupakan hewan peliharaan yang tidak dapat memproduksi vitamin c sendiri sementara setiap harinya marmut membutuhkan vitamin C untuk kelangsungan hidupnya, oleh karena itu penuhilah kebutuhan vitamin C marmut dengan memberikan ¼ tablet 100mg vitamin C atau beberapa tetes untuk marmut dengan cara memasukkan kedalam makanan atau minumannya. Atau dengan menggunakan pelet marmut yang berkualitas yang dilengkapi dengan kandungan vitamin C.

Lenkapi juga dengan Sayuran: hidangkan sayuran segar di sekitar satu cangkir makanan setiap hari sebagai bahan makanan tambahan yang memiliki vitamin C dan nutrisi lainnya. Seperti Parsley, selada romaine, sebatang worte, tomat, bayam dan cantaloupe merupakan pilihan yang populer. Rumput yang bebas dari insektisida, clover, dan delion green, corn husk dan silk akan dihargai oleh marmut sahabat. Suguhkan sayuran sedikit demi sedikit. Setelah itu, berikan farian sayur lainnya untuk menjaga kesehatan marmut.

Cara keenam: Satu Atau Dua Marmut?


Peliharalah marmut secara berpasangan atau banyak karena marmut adalah hewan yang suka hidup berkelompok dan sangat mengharapkan ditemani oleh marmut lainnya. Jika sahabat ingin bepergian cukup lama, pertimbangkanlah memelihara dua ekor marmut dengan jenis kelamin yang berbeda sehingga tidak terjadi pembuahan dan kehamilan marmut sahabat atau bahaya lainnya. Atau sebaiknya sahabat memelihara marmut yang bersaudara supaya terjadi kecocokan antara satu dengan lainnya.

Cara Ketujuh: Menjaga Kesehatan Marmut


Memeriksakan kesehatan marmut sahabat kepada dokter adalah cara yang sangat dianjurkan, dan lakukanlah secara rutin, sahabat dapat mencari dokter hewan yang berpengalaman dan lakukan pemeriksaan kepada dokter yang sama supaya marmut sahabat dapat ditangani oleh dokter yang sama dan memahami kondisi marmut yang sahabat pelihara, usahakan tidak mengganti dokter. Kemudian lakukanlah pembersihan terhadap marmut sahabat seperti menyisir bulu, memotong kuku dengan cara yang benar.

Hal Lain Yang Perlu Diperhatikan Adalah

Sahabat jika marmut memperlihatkan gejala; lemah, nafas yang berat, bengek, bersin, mata crusty, mata sayu receding, bulu kasar, puffed up, postur yang hunde, diare, kencing berdarah, pincang, kehilangan keseimbangan, garuk-garuk yang berlebihan, rambut bulu rontok sebaiknya segera dibawa ke dokter hewan langganan untuk menyelamatkan jiwa marmut yang sakit.

Persiapan Darurat

Yang perlu disiapkan dalam keadaan darurat jika sahabat memelihara marmut adalah obat penisilin bukan seperti amoxicillin yang bakal menjadi racun bagi marmut.

Dan jangan lupa berkonsultasilah kepada dokter hewan sahabat dengan menelfonnya dalam kondisi darurattersebut, jangan lupa pula untuk tetap berbagi ilmu dengan sahabat pencinta hewan khususnya pemelihara marmut dengan cara bergabung dengan komunitas-komunitas pencinta hewan di dunia nyata maupun di dunia maya.


Demikian artikel tentang cara tepat memelihara marmut bagi pemula semoga berguan dan selamat mencoba bagi sahabat semua semoga berhasil, “ingat persahabatan dapat dilakukan dimana saja dan kapan saja serta dengan siapa saja dan apa saja” by netizeninfo.com.

0 comments:

Post a Comment