Salam sahabat netter, pada kesempatan yang lalu saya sudah memebrikan informasi mengenai Tips Jitu Memelihara Kelinci, jika memelihara kelinci adalah karena hobby atau kesenangan semata, berikut saya akan membagikan bagaimana cara tepat budidaya kelinci bagi sahabat yang berminat menjadikan kelinci sebagai hewan ternak yang mendatangkan banyak manfaat secara finansial.
           Anda dan banyak orang sangat menyukai hewan yang satu ini? Kelinci memang menjadi pilihan hewan yang dijadikan  peliharaan. Hewan yang satu ini memang memiliki daya tarik yang sangat luar biasa. Apalagi anak-anak juga sangat menyukai kelinci, selain bentuknya yang lucu hewan ini juga mudah akrab dengan pemiliknya.

Tidak jarang banyak yang akhirnya menjadikan kelinci sebagai hewan peliharaan dan juga bisnis. Budidaya hewan kelinci waktu yang lalu menjadi sangat populer. Sebenarnya perawatan kelinci juga tidak sulit. Hanya membutuhkan obat, pakan dan juga tempat yang tidak perlu terlalu luas. Kelinci anda bisa berkembang dengan pesat.
           
Jika anda memiliki keinginan untuk budidaya kelinci ada cara yang tepat dan harus anda perhatikan.

Tempat yang nyaman



Budidaya kelinci yang paling utama adalah terdapatnya tempat yang nyaman dan pas untuk kelinci. Usahakan pemilihan tempat di area yang terbuka. Ini bermanfaat agar bau kotoran kelinci tidak menyebar.

Selain area yang luas sebaiknya jika kelinci dipelihara didalam kandang, maka kandang kelinci diisi dengan kapasitas yang sesuai seperti memasukkan maksimal 5 ekor kelinci dalam satu kandang dengan kata lain sesuaikan kandang dengan jumlah kelinci yang dimasukkan kedalamnya sehingga kelinci tidak berdesakan kemudian mengalami stress dan mati.

Anda harus tahu cara memelihara kelinci

Pada dasarnya ketika anda memutuskan untuk budidaya kelinci, anda harus tahu cara yang tepat untuk memelihara. Awalnya anda bisa memelihara beberapa kelinci terlebih dahulu. Harus diketahui juga bahwa kelinci itu penanganannya berbeda-beda. Jika kelinci yang anda pelihara merupakan kelinci hias seperti kelinci anggora atau kelinci lop tentu penanganannya harus lebih ekstra lagi.

Karena setiap kelinci memiliki cara yang berbeda dalam perawatannya maka sahabat sebaiknya bergabung dengan komunitas kelinci yang sejenis dengan kelinci yang sahabat pelihara. Jika demikian maka sahabat akan menenmukan keberhasilan dalam memelihara kelinci tersebut.

Pakan yang tepat

Kelinci merupakan hewan pengerat yang membutuhkan makanan dari umbi-umbian dan sayuran, namun saat ini sudah tersedia makanan khusus kelinci dari bahan pelet yang bisa sahabat dapatkan di toko-toko hewan peliharaan yang terdekat dengan tempat tinggal sahabat.
Pemilihan makanan sangat penting disini. Pada saat anda budidaya kelinci tidak hanya memberikan makanan buatan saja akan tetapi kadang selingi dengan memberikan makanan yang mengandung sayuran yang baik bagi kelinci. Apalagi untuk kelinci yang sedang hamil kebutuhan pakan yang berkualitas juga sangat dibutuhkan disini.

Nutrisi dan obat

Manusia saja bisa sakit begitu juga dengan kelinci. Budidaya kelinci juga harus memperhatikan ketersediaan obat. Obat harus ada setiap saat. Karena anda tidak tahu kapan kelinci akan sakit. Nutrisi dari pakan juga harus cukup. Jika anda mendapati kelinci sakit dan tidak sembuh ketika sudah di beri obat. Anda dianjurkan untuk membawa ke dokter hewan yang tentunya sudah profesional mengatasi masalah semacam itu.

Telaten



Jika anda sudah memutuskan untuk budidaya kelinci, satu yang harus anda lakukan yaitu ketelatenan. Karena memang butuh ketelatenan dalam hal ini, seperti memberikan pakan setiap hari dengan nutrisi yang cukup, membersihkan kandang agar terhindar dari bakteri yang dapat membuat lingkungan tercemar. Dengan ketelatenan, maka anda akan mendapati hasil yang maksimal dari budidaya kelinci.

Sahabat, demikian artikel dengan judul Cara Tepat Budidaya Kelinci yang dapat saya bagikan semoga artikel dan penjelasan diatas berguna bagi para pembaca semuanya terutama bagi sahabat yang menginginkan keberhasilan dalam membudidayakan kelinci tersebut.

Budidaya kelinci sebenarnya sama dengan ketika anda memelihara kucing. Akan tetapi, memang butuh ketelatenan dan kesabaran jika anda ingin budidaya kelinci. Pakan dan tempat juga menjadi hal utama yang harus diperhatikan untuk mendukung kelancaran tumbuh kembangnya.

Semoga sukses

0 comments:

Post a Comment