Sahabat netter pencinta hewan peliharaan lucu, menarik dan unik selamat bersua kembali dan salam hangat, semoga tulisan berikut bisa membantu sahabat yang sudah lama menantikannya. Jika sebelumnya kita telah membahas CaraTepat Memelihara Marmut Bagi Pemula, untuk artikel berikut saya akan membahas tentang Hewan Peliharaan Yang Populer di Indonesia, lainnya yaitu dengan judul Cara Cerdas SupayaBerhasil Memelihara Hamster.


Hamster adalah sejenis hewan pengerat. Ukurannya  yang kecil membuat hamster mudah untuk dibawa ke mana-mana serta tidak memerlukan kandang besar untuk merawatnya. Hamster adalah hewan yang termasuk ke dalam subfamili Cricetinae atau hewan dengan banyak gen.

Hewan yang memiliki ukuran kecil dan tingkah yang lucu membuat hamster menjadi hewan peliharaan yang disenangi terutama bagi anak-anak yang senang bermain dengan hewan peliharaan.  Sahabat jangan heran mungkin anak-anak sahabat begitu  tertarik membeli hamster karena mukanya yang lucu dan menggemaskan.  Hamster merupakan salah satu Hewan Peliharaan Yang Populer di Indonesia. Bagi Sahabat yang ingin memberikan Hamster sebagai hewan peliharaan guna menemani anak-anak atau adek-adek sahabat yang masih kecil perlu meperhatikan hal-hal berikut ini agar Hamster sahabat menjadi sehat dan tetap lincah, serta panjang umur.

Pertama: Berikan Kandang yang Agak Luas atau Besar


Hamster merupakan hewan pengerat nocturnal yang bergerak dimalam hari, sedangkan pada siang hari mereka tidur. Oleh karena itu kandang hamster hendaklah luas dan aman supaya ketika kita tidur Hamster dapat bergerak dengan leluasa.

Didalam kandang Hamster sebaiknya sahabat memberikan pasir atau bubuk kayu sebagai tambahan alas dan berguna juga untuk menyerap kencing Hamster yang sahabat pelihara. Alas tambahan ini sebaiknya diganti seminggu sekali, dengan kata lain kandang Hamster sahabat sebaiknya dibersihkan seminggu sekali.

Kedua: Memberikan Makanan Yang Tepat.



Hamster Merupakan Hewan pengerat yang senang dan suka memakan jenis kacang-kacangan, meskipun demikian, sampai saat ini makanan terbaik untuk Hamster masih di kuasai oleh makanan impor buatan pabrik, seperti kuaci. Sebagaimana kita ketahui bahwa makanan buatan pabrik adalah makan yang dicampur dengan zat pewarna atau bahan pengawet lainnya sehingga jika monoton diberikan akan merusak sistem pencernaan Hamster.

Oleh karena itu sahabat harus menyediakan waktu setidaknya sekali dalam seminggu untuk memberikan kacang-kacangan segar kepada Hamster dan jangan lupa memberikan buah-buahan dan sayur sayuran. Asal diingat saja jangan memberikan dengan jumlah yang banyak karena memberikan dalam jumlah banyak akan mengakibatkan kerontokan bulu Hamster.

Ketiga: Berikan Minuman Yang Sehat

Sahabat harus menyediakan botol munuman didalam kandang Hamster, terutama bagi sahabat yang tidak memiliki kesempatan untuk memberikan sayur-sayuran setiap harinya, karena Hamster akan memperoleh air dari sayur-sayuran.



Untuk pemberian air minum dalam botol ini jangan dikasihkan sembarangan, air minum yang diberikan adalah air yang sudah dimasak terlebih dahulu dan jangan pernah memberikan air mentah yang berasal dari keran atau sumur. Ingat: jaga selalu kebersihan botol kalau bisa kocok botol dengan air hangat terlebih dahulu setiap mengganti dengan air minum yang baru.

Keempat: Mandikan Hamster dengan cara yang Tepat

Keberihan harus tetap dijaga bagi semua hewan supaya hewan tetap sehat dan menyenangkan, untuk itu diperlukan mandi untuk membersihkan badan, begitu juga dengan Hamster yang sahabat pelihara, namun yang perlu diingat jika sahabat memandikan Hamster adalah jangan memeandikan hamster sampai basah kuyup karena Hamster merupakan hewan yang sensitif.

Kelima: Jemur Hamster Ditempat Yang Tidak Terkena Sinar Mataari Langsung.

Jenis hewan Peliharaan yang satu ini suka berpetualang di malam hari, mereka mencari makan dan mencari nafkah hidup pada malam hari sedangkan disiang hari mereka gunakan untuk tidur..jadi jika ada diantara sahabat yang memiliki aktifitas demikian berarti sahabat sama dengan.......(saya tidak mau jawab : tabu  hehehe). Jadi kesimpulannya adalah bahwa Hamster tidak membutuhkan banyak sinar matahari.

Keenam: Jaga Agar Anak Hamster Tetap Bersama Induknya

Isu yang berkembang diantara sahabat yang suka memelihara Hamster adalah bahwa induk hamster suka memakan anaknya alias kanibal...jangan percaya karena hal ini salah kecuali mungkin makanan yang sahabat berikan kepada Hamster kurang dan mengakibatkan induk Hamster kelaparan. Jadi berikanlah makanan yang cukup untuk setiap Hewan Peliharaan yang sahabat miliki. Jika sahabat memisahkan induk Hamster dengan anaknya maka yang akan terjadi adalah anak Hamster akan kedinginan dan kelaparan karena tidak mendapatkan susu serta selanjutnya akan mati. Dan yang rugi adalah sahabat sendiri.

Ketujuh: Pegang Hamster dengan Pelahan dan Cara Yang Tepat

Jika sahabat memiliki Hamster yang masih baru saran saya jangan langsung memaksakan diri untuk memegangi Hamster tersebut karena mereka masih menyesuaikan diri dengan anda, jadi langkah baiknya adalah beri saja makanan yang cukup pada Hamster sahabat pada waktu yang seharusnya sampai Hamster sahabat tidak lagi kabur atau melarikan diri dari sahabat dan perlahan sahabat coba untuk memegang Hamster tersebut mungkin dengan mendekatkan beberapa jari terlebih dahulu setiap kali sahabat memberikan makanan untuk hamster sahabat. Sampai hamster yang sahabat pelihara berusaha mendekatkan dirinya kepada sahabat dengan cara mengendus dan mencium tangan sahabat perlahan tapi pasti.

Demikianlah beberapa Cara Cerdas Supaya Berhasil Memelihara Hamster, yang dapat sahabat terapkan untuk hewan peliharaan tercinta yang sahabat miliki, supaya bermanfaat dan dapat dibagikan kepada sahabat lainnya supaya informasi ini berguna.

Jika sahabat memiliki ide, saran, komentar dan lainnya silahkan tulis pada kolom komentar yang tersedia karena blog ini berguna untuk ilmu pengetahuan dan pengetahuan akan terbangun dengan baik jika ada komentar dan masukan terutama persoalan dan hal-hal baru lainnya.

Terimakasih 

0 comments:

Post a Comment