Salam sahabat www.netizeninfo.com, saat ini saya memberikan informasi kepada sahabat semuanya khusunya bagi sahabat yang memiliki kemampuan untuk melantunkan ayat suci al-Quran dengan baik dan hafal ayat suci al-Qur'an dan hadis. sebenarnya informasi ini dikirimkan oleh senior saya melalui pesan singkat beliau pada salah satu media sosial pada tanggal 27 Desember 2015 pada jam 07.45 WIB Oleh: kakanda Ahmad Fathony. selama ini saya belum bisa meneruskan informasi ini kepada sahabat semuanya, ketika saya lihat kembali maka saya tahu bahwa kegiatan ini masih belum dimulai. maka saya mengambil keputusan untuk tetap menyampaikan khabar baik ini kepada sahabat semuanya.

Atase Agama Kedutaan Besar Saudi Arabia:

Musabaqah Tahunan Menghafal Al-Quran dan Hadis Pangeran Sultan bin Abdul Aziz rahimahullah tingkat nasional ke-8  Insya Allah, akan diselenggarakan pada: 28-31 Maret 2016, sdg Untuk kawasan Asia Pasifik tanggal 18-21 April 2016.

Surat undangan Musabaqah Untuk semua lptq tingkat provinsi sudah dikirimkan dua minggu lalu sedang Untuk lembaga atau sekolah yang tersebar di seluruh daerah di Indonesia telah disampaikan pada hari Rabu tanggal tanggal 16 Desember 2015.

Mekanisme pendaftaran untuk calon yang tertarik dapat dilakukan melalui LPTQ Provinsi atau sekolah yang menerima halaman undangan. Jika pesantren tahfizhnya belum mendapat undangan tahun ini nama pesantren bisa didaftarkan melalui surat permintaan resmi yang dikirimkan melalui email ke: maktabjakarta@gmail.com atau melalui pos ke sekretariat panitia: kantor atase agama Kedutaan Besar Saudi Arabiya di Jakarta, Jl Banyumas Nomor 16 Menteng Jakarta pusat 10310.

Kegiatan musabaqah untuk tingkat nasional insya Allah akan diadakan seperti tahun lalu yaitu di Hotel Balairung Matraman Jakarta Timur.

Cabang-cabang hafalan yang diperlombakan dalam Musabaqah ini, adalah:
  1. Al-Qur'an: 30 juz, 20 juz, 15 juz dan 10 juz dari huruf awal Mushaf dan tidak berlaku hafalan dari belakang atau dari tengah mushaf.
  2. Hafalan hadits terdiri dari 100 hadits lengkap dengan sanatnya dan 400 hadis tanpa sanat (modul standar tersedia dari panitia).

Hadiah dalam bentuk mata uang riyal saudi untuk juara Musabaqah tingkat nasional:
  1. Cabang 30 juz: pemenang pertama: 16.000 SR, pemenang kedua: 15.000 SR, pemenang ketiga: 14.000 SR.
  2. Cabang 20 juz: pemenang pertama: 13.000 SR, pemenang kedua: 12.000 SR, pemenang ketiga: 11.000 SR.
  3. Cabang 15 juz: pemenang pertama: 10.000 SR, pemang kedua: 9000 SR, pemenang ketiga: 8000 SR.
  4. Cabang 10 juz: pemenang pertama: 7000 SR, pemenang kedua: 6000 SR, pemenang ketiga: 5000 SR.
  5. Cabang Hadis: pemenang pertama: 10.000 SR, pemenang kedua: 9000 SR, pemenang ketiga: 8000 SR.


Masing-masing pemenang 1, 2 dan 3 pada semua cabang menghafal Al-Qur'an dan 10 besar dalam cabang hadis berhak mewakili Indonesia pada even sesudahnya yaitu musabaqah tingkat Asia Pasifik yang kemungkinan peserta ditempatkan di Hotel Royal Kuningan, sedangkan kegiatan musabaqahnya diadakan di Masjid Istiqlal Jakarta pada tanggal 18 s/d 21 April 2016.

Juara di tingkat Asia Pasifik diberikan dalam bentuk mata uang Riyal dengan nilai nominal sama dengan musabaqah tingkat nasional ditambah dengan mendapat kesempatan berhaji sebagai tamu undangan kerajaan saudi arabia langsung pada tahun yang sama. (alias tidak memakai daftar tunggu dan menunggu sampai bertahun-tahun)

Panitia akan menggantikan transportasi pulang-pergi untuk peserta yang mendapat panggilan ini Musabaqah partisipasi dengan jumlah yang telah ditentukan oleh perhitungan panitia melalui perjalanan darat atau tiket pesawat. Demikian pula semua biaya akomodasi dan makanan selama acara ditanggung sepenuhnya oleh panitia. Ada juga hadiah-hadiah tambahan untuk peserta seperti seragam Musabaqah, tas, Naskah, CD murattal, buku-buku Islam dan lain sebagainya.

Untuk peserta yang kurang beruntung belum mendapat kesempatan menjadi juara, maka panitia akan penyisihan penghargaan masing-masing Rp. 500 ribu rupiah selain penggantian transportasi pulang-pergi.

Musabaqah tingkat nasional insya Allah akan ditutup oleh menteri agama RI Bpk. H Lukman Hakim Saifuddin di gedung auditorium Kementerian Agama Republik Indonesia di Jln Sudirman (gedung baru) pada 31 Maret 2016.

Untuk tingkat Musabaqah Asia Pasifik sebagaimana tahun-tahun sebelum Insya Allah para peserta, official, panitia penyelenggara ditambah tamu undangan sebelum upacara penutupan di malam hari berikutnya, maka selanjutnya akan bersilaturrahim lebih dulu dengan Bapak Ir H Joko Widodo (Presiden RI) tanggal 21 April 2016.

Demikian Pengumuman ini semoga bermanfaat... dan bagi sahabat yang berkesempatan untuk mengikuti ini silahkan menghubungi CP / WA: +62817798854 (. Gunaim Ihsan, Lc Staff Kantor Agama Atase Kedutaan Saudi Arabia)

Sahabat jangan lupa untuk membagikan pengumuman ini kepada yang lain, baik melalui mulut ke mulut maupun melalui media sosial, karena berbagi itu indah dan dengan berbagi kita dapatkan pahala ibadah.

1 comments :