Sahabat netter, pada kesempatan ini kita akan melihat sepak terjang dimulainya karir seorang tokoh yang bisa memotivasi kehidupan kita, sehingga kita menjadi orang sukses dan mendapatkan kebahagiaan dalam kacamata finansial. artikel kali ini tentang kisah inspirasi bisnis dari Martha Tilaar.

Siapa yang tidak kenal dengan perusahaan kecantikan Martha Tilaar, apalagi bagi kaum ibu, terutama bagi para pencinta kecantikan, ternyata perjalanan karir Martha Tilaar tidak seperti membalikkan telapak tangan tidak sukses secara instan, mendadak tenar dan mendadak kaya. berikut petikan kisah Inspiratif dibalik kesuksesan Martha tilaar sebagai perusahaan kecantikan terkenal.

Perusahaan Martha Tilaar harus melakukan investasi besar dalam hal teknologi selama lebih kurang 40 tahun, mereka memulai usaha dari bakul jamu yang kampungan hingga sekarang bisa go global, awalnya mereka harus berinvestsai besar karena harus membeli alat-alat canggih. Perusahaan Martha tilaar memulai usaha dari ruangan 6x4 meter (24meter persegi) dengan jumlah pegawai satu orang saja. saat itu Martha tilaar harus rajin menghadirkan dukun-dukun untuk membantu ibu-ibu yang melahirkan, disamping juga mendapatkan gambaran mengenai racikan yang mereka gunakan untuk pengobatan, karena mereka menganggap bahwa para dukun tersebut tahu bagaimana cara meracik obat.
  • Asal Nama Martha Tilaar

Pada tahun 1999, kondisi Indonesia mengalami kesulitan tepatnya krisis ekonomi, tapi justru saat itu Martha Tilaar bisa melunasi porsi saham keluarga pemilik PT Kalbe Farma Tbk yang waktu itu mencapai 51% di Martino Berto, Mereka jual sahamnya karena mereka ingin fokus ke bisnis farmasi.
Martino Berto itu adalah singkatan dari nama Martha Tilaar, Tina (dari pihak keluarga pemilik Kalbe Farma), Bernard Tanata. Perusahaan ini membayar lunas seluruh saham keluarga pemilik group Kalbe tersebut Tidak dicicil, dengan tekad bulat supaya skala bisnis perusahaannya harus lebih besar.
  • Terinspirasi Kecantikan Teman Ibunda

Siapa yang mengira kalau Martha Tilaar, pengusaha jamu dan kosmetik yang cukup beken di negeri ini, mulai memikirkan usaha dibidang kecantikan ketika mengikuti suaminya yang mendapat tugas belajar ke luar negeri.

Sekitar 45 tahun yang silam, H.A.R Tilaar mendapatkan beasiswa untuk meneruskan studi S2 ke AS. Martha yang saat itu guru, tidak bisa langsung mengikuti suaminya, karena terkendala dana, Sebab, suaminya hanya mendapat beasiswa untuk bisa membiayai hidup satu orang. Martha pun menabung dulu di Tanah Air

Setelah setahun kemudian dana terkumpul, dia menyusul ke AS. ketika itu mereka merupakan pasangan keluarga muda. suaminya sibuk kuliah, sementara dia mengurus rumah tangga sambil bekerja. dia menjadi pengasuh bayi selama 1 tahun.

Setelah satu tahun uang terkumpul Martha mengambil kuliah kecantikan di Academy of Beauty Culture, Bloomingtoon, Indiana, AS selama 2 tahun, setelah lulus dia mulai mempromosikan pelayanan kecantikan kepada warga di sekitar rumahnya. usahanya terus berjalan dengan berbagai tantangan dan rintangan yang beragam sampai akhirnya ia berhasil.

Pencapaian itu tidak terlepas dari filosofi yang diterapkan , dalam hal ini peran ayahnya sangat terasa karena memperkenalkan filosofi dan kebiasaan, disiplin, jujur, iman yang relevan dan inovasi, tekun (fokus) dan ulet. kiat warisan tersebut tetap dipakai sampai perusahaannya benar-benar berjaya.

Soal kecantikan, ada kisah yang tidak terlupakan oleh seorang Martha. Dia mengaku bahwa ketika kecil adalah seorang wanita tomboy, kemudian ibunya memperkenalkan kepada seoarang teman ibunya yang sangat cantik katanya "Saya terinspirasi juga dan ingin memiliki kulit bersih seperti itu. akhirnya hingga sekarang inspirasi itu jalan terus, berusaha untuk membuat produk untuk kulit bersih dan sehat."

Kita bisa lihat dan pelajari beberapa dari mereka yang memiliki hasrat untuk kaya dan setelahnya bingung memilih kehidupan ini karena tidak ada iman, akhirnya mengakhiri hidup sendiri dengan cara bunuh diri. Semoga kita dapat berkaca dari kisah diatas dan terus bekerja keras dalam usaha pantang menyerah dan putus asa.

Sahabat netter demikian kutipan kisah inspirasi yang dapat saya sampaikan, supaya dengan adanya kisah ini kita dapat mengambil pelajaran, bahwa untuk mencapai keberhasilan tidaklah semudah membalikkan telapak tangan perlu perjuangan dan pengorbanan, dibalik semua itu kita juga sebaiknya mengingat bahwa keberhasilan adalah anugerah yang tidak pantas untuk disombongkan, karena jalur keberhasilan finansial itu adalah titik terakhir dan buntu dalam kehidupan manusia.

6 comments:

  1. gax nyangka dengan sejarahnya, tetep nice information gan.

    ReplyDelete
  2. semoga saya bisa jadi businessman sukses juga,amin

    ReplyDelete
  3. Memang semua kesuksesan pasti berasal dari kesulitan.
    gan Visit balik dong dan coba klik klik dalamnya gan.
    Blog ane tentang Original Viagra Jakarta

    ReplyDelete
  4. sangat terinspirasi gan, makasih infonya :)

    ReplyDelete
  5. thansk gan atas kunjungan dan komentarnya

    ReplyDelete