Sahabat ternak, selamat berjumpa kembali.
Sebelumnya saya minta maaf karena tidak sempat memberikan artikel dalam beberapa hari ini karena sibuknya pekerjaan beberapa hari belakangan ini, namun kerinduan dan keinginan yang kuat untuk menulis terus menyesaki pembuluh darah saya. dan Alhamdulillah sekali kali ini saya dapat mencurahkan pendapat mengenai sesuatu yang ada di tengah-tengah peternakan kita.

Saat ini kita akan melihat langsung manfaat lain dari peternakan kita yaitu, kandungan susu dari masing-masing ternak yang kita pelihara, dan kita akan lihat kandungan gizi yang terdapat dari susu sapi dan kambing. kemudian pertanyaan yang muncul adalah Manakah yang lebih besar manfaat susunya bagi kehidupan dan kesehatan manusia?

Jika kita melihat teksture dan ukuran maka kita dapat menilai bahwa yang lebih besar adalah yang lebih banyak menghasilkan, seperti halnya susu sapi tentu lebih banyak menghasilkan susu daripada kambing yang memiliki susu lebih kecil dan tentunya menghasilkan air susu lebih sedikit.

Mari kita lihat pembahasan dari beberapa artikel dibawah ini mengenai manfaat masing-masing susu. Seperti 14 Manfaat Susu Sapi Murni yang Menyehatkan Tubuh (manfaat.co.id), diantara manfaatnya menurut artikel ini sebagaimana yang sudah penulis simpulkan adalah:
  1. Terdapat Nutrisi Potasium yang berguna untuk Menjaga Kestabilan Darah
  2. Susu mampu menstabilkan pembuluh darah dan tekanan darah sehingga mencegah resiko penyakit jantung.
  3. Dalam susu murni terdapat kandungan iodim yang berfungsi untuk mengurangi penyakit gondok.
  4. Otak merupakan organ tubuh yang banyak berkontribusi dalam mengkoordinasi tubuh manusia dengan lingkungannya. untuk itu otak memerlukan energi yang sangat besar. Salah satu zat yang untuk otak adalah seng (Zn), liticin dan iodium, penambahan zat ini secara signifikan dan kontiniu akan membantu meringankan kerja otak besar
  5. Penderita kekurangan hemoglobin (penderita anemia) harus memiliki sel entrosit yang banyak, salah satu zat yang mampu  membantu pekerjaan pembentukan sel darah merah adalah zat besi yang terdapat dalam susu.
  6. Bagi kaum wanita kulit merupakan aset yang sangat berharga sekali, oleh karenanya kebanyakan wanita rela menghabiskan banyak uang untuk membuat kulitnya terlihat tetap muda, namun jika sadar kandungan vitamin yang dibutuhkan kulit terdapat dalam susu seperti: vitamin E, tembaga, seng, serta vitamin A.
  7. Zat tirosin dalam susu manpu mendorong kerja hormone serotonim untuk terus menguncur sehingga mempengaruhi tingkat kebahagiaan anda.
  8. Kandungan kalsium dan fosfor dalam susu adalah salah satu penopang dan pendorong dalam pertumbuhan tulang dan gigi pada manusia selain itu kandungan gizi ini adalah sebagai penjaga tulang dari kerapuhan.
  9. Kandungan magnesium dalam susu membuat jantung dan beberapa sistem syaraf berjalan dengan normal, magnesium juga membantu mengatasi kelelahan tubuh sehingga tubuh tetap fit.
  10. Kandugan vitamin B2 dan Vitamin A membantu menjaga kasehatan mata dan mempertajam penglihatan.
  11. Zink (seng) dalam susu bekerja aktif dalam penyembuhan luka.
  12. Susu dinilai sebagai zat penetral makanan yang masuk dalam tubuh manusia.
  13. Susu berguna untuk mencegah kerapuhan tulang bagi orang tua dan usia lanjut.
  14. Kandungan lemak dalam susu sapi sangat tinggi sehingga susu sapi memiliki cadangan makanan dalam bentuk lemak yang menempel dalam tubuh, namun terlalu banyak akan mengakibatkan penyempitan terhadap pembuluh darah dan menyebabkan banyak penyakit terutama jantung dan kolesterol tinggi.
Berikut adalah 10 Mamfaat susu kambing sebagai mana dibahas dalam artikel magwuzz.com dan telah penulis simpulkan dalam tulisan sendiri untuk melihat perbandingan kedua susu ini: 10 mamfaat susu kambing tersebut adalah:
  1. Bagi orang-orang yang menderita masalah usus atau gangguan pencernaan yang disebankan oleh inflamasi, maka susu kambing sangat bagus untuk di konsumsi karena susu kambing memiliki sifat anti-inflamasi alami, sifar prebiotik yang terdapat dalam susu kambing dapat mendorong pengembangan sistem pencernaan yang lebih baik.
  2. Susu kambing mengandung 35% asam lemak lebih tinggi daripada susu sapi yang hanya memiliki kandungan asam lemak 17% saja, kandungan lemak yang lebih tinggi ini membuat susu kambing berguna untuk memperbaiki sistem pencernaan.
  3. Asam lemak yang terdapat dalam kandungan susu kambing sangat membantu untuk menurunkan kolesterol darah karena darah mengalir dengan baik dan lancar melalui pembuluh darah yang bersih dari lemak.
  4. Kandungan lemak yang tinggi dalam susu sapi merupakan penyebab terjadinya penumpukan lendir yang memicu alergi. sementara itu gelembung-gelembung lemak yang terdapat dalam susu kambing hanya sepersembilan dari lemak yang ada dalam susu sapi. Oleh karena itu, iritasi pada usus Anda karena mengkonsumsi susu dapat dihindari. sehingga meminum susu jadi aman dan terhindar dari elergi minum susu dan siapa saja bisa meminumnya.
  5. Kemampuan daya serak susu kambing dalam menyerap zat besi lebih tinggi dibandingkan dengan susu sapi.
  6. Kandungan kalsium dan amino triptofan dalam susu kambing dapat mencegah osteoporosis (kerapuhan tulang)
  7. Sodium bio-organik merupakan elemen yang menjaga persendian tetap lentur dan sehat. Selain itu, susu kambing juga banyak digunakan sebagai obat untuk memelihara dan regenerasi sistem saraf.
  8. Susu kambing dapat digunakan sebagai obat untuk menyembukan penyakit TBC dan Asma karena mengandung Flourin dan Betakasein. Selain itu, susu kambing juga bermanfaat bagi mereka yang memiliki masalah dengan pernafasan.
  9. Susu kambing sebagai gizi tambahan bagi ibu hamil. Dampak mengkonsumsi susu kambing pada ibu hamil akan menyehatkan janin juga. Sedangkan bagi ibu yang menyusui, susu kambing baik untuk memperlancar ASI.
  10. manfaat lain dari susu kambing adalah bahwa susu kambing dapat digunakan untuk menjaga nutrisi kulit agar tetap halus, selain itu juga bisa dijadikan sebagai masker wajar untuk menjaga pori2 wajah sehingga terbebas dari berbagai masalah kulit seperti jerawat.
Sahabat dengan artikel diatas maka kita dapat melihat Susu Mana Yang Lebih Besar Manfaatnya, apakah susu sapi atau susu kambing. jadi menurut penulis dari pemaparan ke dua artikel diaatas maka manfaat yang paling tinggi untuk menjaga kesehatan tubuh manusia adalah keduanya, namun jika dilihat dari segi aman untuk di kekonsumsi maka susu kambing adalah susu yang lebih baik untuk diminum karena susu kambing memiliki sifat yang mudah dicerna oleh usus dan memiliki kandungan lemak yang rendah namun memiki zat asam yang tinggi daripada susu sapi. selain itu susu kambing adalah susu yang aman diminum oleh siapa saja karena mudah dicerna usus dan tidak memiliki lemak yang tinggi seperti halnya susu sapi sehingga dengan meminum susu kambing akan terhindar dari elergi.



0 comments:

Post a Comment