Assalamualaikum wr wb

Selamat berjumpa kembali kepada seluruh Sahabat Ternak.
Untuk postingan kali ini kita akan melihat kegunaan lain dari limbah yang dihasilkan oleh ternak-ternak kita, apakah yang bisa dihasilkan dari limbah ternak yang sudah menjadi sampah tersebut? seperti kotoran sapi yang sahabat miliki, apakah kotoran sapi tersebut dapat diolah sehingga menjadi suatu yang bermanfaat?

Yup....memang benar kita bisa mengolah kotoran sapi tersebut menjadi suatu yang bermanfaat, seperti menjadikannya sebagai pupuk tanaman seperti yang sudah kita ceritakan pada pembahasan dengan judul Limbah Ternak Sebagai Bahan Pupuk Organik namun pada pembahasan kali ini kita akan membahas mengenai teknologi Bio Gas yang dihasilkan dari Kotoran Sapi yang sahabat miliki.

1. Pengertian Bio Gas

Bio Gas adalah: Gas yang bisa terbakar yang dihasilkan dari aktifitas anaerobik atau fermentasi dari bahan-bahan organik termasuk diantaranya; kotorang manusia, hewan  dan limbah domestik (limbah rumah tangga).

2. Mengapa kita harus mengolah kotoran sapi kita menjadi Bio Gas?

Jawabanya adalah bahwa sesungguhnya limbah peternakan seperti kotoran, feces, dan lain sebagainya memberikan dampak yang buruk terhadap lingkungan, seperti pencemaran udara karena limbah tersebut menghasilkan gas-gas yang cepat menguap dan menghasilkan bau yang tidak sedap. dampak serius dari limbah ternak yang tidak diolah ini adalah pencemaran iklim atau dikenal dengan global warning. itulah alasan mengapa kita harus mengolah limbah peternakan ini menjadi suatu yang dapat digunakan.

3.  Peralatan yang digunakan

  • Bak Tempat mengaduk Kotoran Sapi atau tempat untuk mengaduk kotoran sapi dengan air supaya hancur dan halus.
  • Bio Digester, merupakan tempat penampungan kotoran sapi supaya terjadi proses perombakan kotoran menjadi gas metan oleh bakteri, Bio Digester ini merupakan bagunan utama tempat pembentukan gas metan, bisa terbuat dari drum plastik atau dibuat permanen dengan membentuk bangunan berbentuk bak penampung dengan semen.
  • Plastik Penampung Gas, terbuat dari plastik dengan ukuran cukup untuk menampung aliran gas metan yang dihasilkan dari kotoran sapi yang berada dalam Digester
  • Kompor Gas, adalah alat untuk memasak atau tempat terjadinya pembakaran Gas metana yang dihasilkan dari kotoran sapi tersebut.
  • Bak Penampung Kotoran Sapi,  diakhir proces pengolahan kotoran sapi dalam tabung Digester dihasilkanlah sisa kotoran sapi yang sangat banyak dan selalu mengalir ketempat yang lebih rendah untuk itu diperlukan bak penampung sisa kotoran yang sudah diolah atau diurai dalam Digester tersebut.

4. Teknik Pembuatan Bio Gas Dengan Kotoran Sapi

  • Aduk Kotoran sapi dengan Air sampai menjadi lumpur, dengan perbandingan 1:1 pada tempat mengaduk yang telah disediakan, kemudian sampah yang bergabung dengan kotoran sapi tersebut harus dipisahkan dan dibuang.
  • Alirkan atau masukkan adukan kotoran tersebut kedalam Digester supaya terjadi pembentukan gas metan yang keluar dari kotoran sapi tersebut. pada pengisian pertama Digester harus diisi dengan penug.
  • Lakukan penambahan starter yang terdapat pada ramen hewan ternak yang disemblih, banyak terdapat di rumah potong hewan.
  • Proses ini akan berlangsung selama 1-8 hari dalam pembentukan gas CO2, dan gas metan akan terbentuk pada hari ke 10.
  • Pada hari ke 14 gas metan sudah bisa digunakan dengan menyalurkan gas tersebut ke kompor di dapur untuk memasak.
  • lakukan pengisian kotoran secara terus menerus dengan cara yang sama pada setiap harinya untuk mendapatkan gas yang maksimal.
Selamat mencoba dan Salam Sukses selalu buat sahabat Ternak


0 comments:

Post a Comment