Selamat Berjumpa Kembali Sahabat Ternak, sebelum kita membahas lebih banyak lagi mengenai aneka jenis ternak di nusantara ada baiknya kita melihat sisi lain dari ternak itu sendiri, seperti bagaimana memanfaatkan limbah peternakan yang terkadang sering mengganggu kita karena banyak dan melimpah sekali.

Sahabat Ternak, setiap kali kita menjumpai apapun jenis ternaknya pastilah memiliki limbah makanan dan limbah kotoran yang terkadang kita berfikir bahwa limbah ini sering tidak dapat dimanfaatkan dengan cepat dan pemanfaatannya juga terbatas pada kegunaan tertentu saja, seperti pupuk tanaman dan selebihnya dibuang atau dibakar begitu saja.

Namun setelah diketahui dan telah diteliti, ternyata limbah ternak kita itu sangatlah banyak manfaatnya, seperti kotoran Sapi, Kambing, Kerbau, Kuda, ayam dan lain sebagainya. beberapa cara memanfaatkannya adalah dengan cara mengolahnya meggunakan ilmu yang disertai dengan dukungan teknologi peternakan; adapun teknologi peternakan tersebut diantaranya adalah pemanfaatan limbah kotoran ternak menjadi pembangkit listrik, bahan bakar kompor gas bahan bakar mesin ganset dan lain sebagainya.

Untuk itu Sahabat perlu sekali mempelajari supaya bisa mendapatkan manfaat yang luar biasa dari peternakan yang sahabat miliki. sebagai gambaran awalnya adalah untuk pembuatan Bio Gas yang menghasilkan Gas Metan sebagai pengganti bahan bakar minyak tanah dan gas yang semakin hari sudah semakin berkurang dan langka. daripada kita harus berebut dan menyalahkan penyedia Gas (dalam hal ini adalah Pemerintah) alangkah baiknya kita memanfaatkan apa yang ada di sekitar kita.

Ada beberapa bentuk pemanfaatan dan pengolahan limbah ternak
1. Sebagai media peternakan cacing tanah
2. Sebagai bahan  pupuk organik
3. Untuk pembuatan gas bio
4. dan pemanfaatan lainnya

Berikutnya akan kita bahas lebih detail bagaimana memanfaatkan limbah ternak kita untuk beternak cacing, dijadikan sebagai bahan pupuk organik, untuk pembuatan bio gas dan lain sebagainya. Untuk itu sahabat ternak perlu bersabar dan tetap mengunjungi blog ini pada postingan berikutnya.

0 comments:

Post a Comment