Selamat berjumpa kembali sahabat ternak di blog peternakannusatara.
Berikut ini adalah sebagian dari Pasar Hewan atau Pasar Ternak di Nusantara yang dapat penulis Informasikan kepada "sahabat ternak" sekalian. Lain kesempatan penulis juga akan mengimformasikan beberapa Pasar Hewan yang penulis pernah kunjungi.
Konten kali ini akan membahas tentang Pasar Ternak, yaitu tempat terjadinya jual beli ternak, atau dimana terjadi transaksi antara penjual dan pembeli ternak di suatu tempat yang sudah di khususkan untuk transaksi tersebut.
Kenapa dinamai dengan Pasar Ternak?

Karena disini terjadi aktifitas Jual beli Hewan peliharaan dari seseorang kepada orang lain dengan akad yang sah dan suka sama suka.

Sepanjang yang penulis alami pasar ternak (Animal Market) merupakan tempat yang menarik dan sangat mengagumkan, banyak orang berdatangan dari tempat berbeda dan kalangan yang berbeda pula, mereka membawa serta Hewan ternak mereka untuk dipajangkan di tempat tersebut sehingga orang yang datang tertarik untuk melihat dan membelinya.
 
tradisi marosok di pasar ternak
Yang namanya pasar tentunya terdapat banyak orang namun di pasar ternak yang lebih banyak adalah hewan yang akan di jual, karena pada rata-ratanya pedangang membawa ternaknya lebih dari satu ekor dan bahkan membawa lebih dari satu mobil besar ternak yang akan dijualnya.

Ada beberapa Jenis Hewan Ternak yang terdapat disana, seperti Sapi, Kerbau, Kambing dan Domba. kemudian ada lagi aktifitas lainnya seperti jual beli peralatan yang berhubungan dengan hewan ternak tersebut, Mulai dari penjual Sabit (Arit), cangkul, Batu Asahan sampai kepada Batu Akik terdapat disana. dan bagi anda yang lapar atau haus jangan khawatir karena disana terdapat beraneka ragam makanan dan minuman lengkap dengan pelayanan serba memuaskan dari para penjualnya, mau diminum diwarung tersebut atau mau diantar ke lapak-lapak hewan masing-masing, semuanya tergantung permintaan dan keinginan.

Tempat-Tempat
Ada banyak tempat di Indonesia yang digunakan untuk memasarkan ternak mereka diataranya pasar-pasar ternak yang terdapat di kabupaten dan kota, seperti yang terdapat di kota Sumatera Barat yaitu Pasar Ternak Muaro Paneh di Solok, Pasar Ternak Palangki di Sijunjung, Pasar Ternak Dharmasraya, Pasar Ternak Payakumbuh, Pasar Ternak Batu Sangkar, Pasar Ternak Bukit Tinggi dan tempat tempat lainnya di sumatera barat, begitu juga dengan pasar-pasar ternak yang terdapat di provinsi lain di Indonesia.

Memasarkan  hewan ternak memang sulit karena hewan yang akan diperjual belikan tersebut  adalah hewan hidup yang sulit diatur dan sulit dibawa. untuk itu perlu keahlian khusus dalam menangani masalah ini. hewan ternak yang dipasarkan di Pasar-pasar seperti yang terdapat di Sumatera Barat selain berasal dari dalam Provinsi itu juga berasal dari luar Provinsi Sumatera Barat seperti, Aceh, Medan, Bengkulu, Jambi, Lampung Bahkan ada yang didatangkan dari Pulau Jawa.

Kegunaan Hewan Ternak
Kegunaan hewan ternak tersebut adalah untuk mencukupi kebutuhan daging Dalam Negeri, seperti konsumsi keseharian, dan yang paling banyak kegunaannya itu adalah untuk kebutuhan daging pada Lebaran Haji. baik dari jenis Sapi, Kerbau, kambing dan Domba banyak diperjual belikan di daerah-daerah tertentu apalagi di Pasar Ternak.

Keunikan
Sebenarnya banyak sekali keunikan yang dapat kita jumpai di Dunia ini, termasuk juga di Pasar-Hewan-Ternak yang terdapat di Indonesia, seperti yang Penulis alami di Pasar-Hewan-Ternak yang terdapat di Daerah Sumatera Barat terdapat sebuah tradisi yaitu tradisi Marosok, yang dilakukan oleh penjual dengan pembeli, tradisi ini dilakukan dibalik kain sarung, kain handuk atau di balik baju. tradisi ini dilakukan untuk menjaga kerahasiaan harga antara penjual dan pembeli, sehingga orang lain tidak mengetahuinya.

Demikianlah sekilas cerita tentang Pasar-Hewan-Ternak Nusantara semoga informasi ini dapat berguna, jika ada masukan dan komentar serta lain sebagainya dapat dikirimkan kepada penulis di kolom komentar.

0 comments:

Post a Comment