Tidak pernah kami menyangka, orang kampung tertipu dengan kehadiran mobil mewah yang memasuki kampung, dengan bangganya kami memperbincangkan antara satu dengan yang lainnya hanya karena mobil yang datang tersebut adalah mobil baru dan sangat mengkilap sekali, tidak hanya dikalangan orang tua, disekolahan atau disepanjang jalanan menuju sekolah anak-anak dan teman sekolah saya dengan senang hati membicarakannya dan berlomba saling mendahului informasi dan saling sok-sok an antara satu dengan yang lainnya, sementara saya hanya mendengar dan bengong saja.

Yah begitulah keadaan kampung kami 25 tahun yang lalu, tapi tidak disangka dan tidak di duga, mobil mewah masuk kampung ternyata ada maunya, ada perlunya, mereka yang ada di dalam mobil itu ternyata mengincar ternak-ternak kami di kandang dan di padang pengembalaan.
Benar saja keesokan harinya salah satu warga kami kehilangan sapi di kandangnya, namun kecurigaan kepada pengendara mobil mewah tersebut belum muncul, hati, perasaan dan perkiraan warga belum sampai di situ, karena warga menganggap bahwa masak sih orang memakai mobil mewah tersebut bisa membawa ternak yang hidup?...sementara jika dianalisa secara logika hal tersebut tidak mungkin terjadi.

Berselang beberapa hari mobil mewah ini kembali ke kampung kami, namun tidak satupun dari penumpang mobil ini yang kelihatan, bahkan warga tidak tahu siapa sebenarnya dalam mobil mewah ini. begitu juga dengan kecurigaan warga belum muncul sama sekali, tapi apa yang terjadi keesokan hari setelah mobil mewah ini memasuki kampung kami ternyata warga lainnya mengalami kehilangan hewan ternaknya.

Setelah didiskusikan dengan Kepala Desa, dan beberapa orang warga ternyata masyarakat harus mengadakan ronda, maka dilakukanlah ronda malam dan warga yang melakukan ronda di jadwal dan bergilir. namun apa yang terjadi ketika mobil mewah ini kembali memasuki kampung kami, dan salah satu dari mereka mengambil perhatian para peronda dengan membuka jendela mobil dan menyapa para bapak-bapak yang melakukan ronda. apa yang terjadi?...para peronda membalas sapaan itu dengan manis tanpa curiga..dan benar saja keesokan harinya warga kehilangan lagi.

Usut punya usut akhirnya warga bahwa pelaku adalah orang-orang yang berasal dari dalam mobil mewah tersebut. jadi bagi siapa yang memasuki kampung kami membawa mobil mewah, siap-siap saja untuk di curigai....hehehe... tapi ini fakta yang terjadi di kampung kami

0 comments:

Post a Comment