Sahabat Ternak..Assalamualaiku wr wb

Kekurangan Pupuk dan keterbatasan pasokan serta sumsidi dicabut pemerintah, bukanlah suatu alasan bagi kita untuk mengurungkan niat berusaha, dan membatasi kinerja kita dalam bercocok tanam. karena dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi limbah ternak yang ada di dekat kita dapat diolah menjadi pupuk dalam waktu yang tidak lama yaitu satu minggu saja.

Pupuk Organik

Pupuk organik adalah pupuk yang terdiri dari materi mikroba berupa makhluk hidup, seperti sisa pelapukan tumbuhan, hewan dan manusia. Biasanya kita mengolah pupuk kandang memakan waktu yang sangat lama sekali, yaitu selama 21 hari atau tiga minggu dngan pola menumpuk kotoran sapi atau kerbau atau kambing dengan dicampur kotoran ayam dengan dosis seimbang, kemudian ditutup dengan dedaunan dan plastik serta menunggu selama 21 hari sehingga pupuk tadi berobah warna menjadi hitam, setelah itu tumpukan kotoran tadi diurai kembali tujuannya adalah untuk mengurangi kandungan racun brupa asam pada kotoran tersebut sehingga tidak berbahaya bagi tanaman.

Bahan Pembuatan Pupuk Organik

Saat ini sahabat tidak perlu khawatir lagi karena sudah ada jalan keluar supaya pupuk dari kotoran ternak itu dapat digunakan dengan cepat yang penting siapkan saja terlebih dahulu bahannya berupa:
1. kotoran sapi satu ton
2. kotoran ayam 100 kg
3. bekatul kasar 100 kg
4. bekatul halus 100 kg
5. 5 liter EM4

Cara Membuat Pupuk Organik Dari Kotoran Sapi 

Setelah bahan kita siapkan maka saatnya bagi kita untuk mengaduk dan mengolah bahan-bahan tadi agar dapat dimanfaatkan secepat mungkin. adapun langkah-langkah pengolahan bahan mentah ini menjadi pupuk organik adalah:
1. siapkan tempat penyemaian bahan ini di sebuah gedung yang terbuka.
2. bersihkan lantai gedung dari sampah2 yang nanti bisa mengganggu proses fermentasi
3. tebarkan kotoran sapi, ayam, bekatul kasar, bekatul halus di atas permukaan gedung
4. aduk bahan mentah tadi hingga merata
5. campurkan EM4 dengan beberapa liter air dengan perbandingan 1/1.
6. tebarkan EM4 diatas bahan yang tadi sudah diaduk
7. aduk dan balik kembali bahan tadi sampai merata.
8. lakukan pembalikan atau pengadukan bahan bahan tersbut enam jam sekai sampai 3 hari
9. setelah dingin dan kering bahan siap dijadikan sebagai pupuk tanaman kita
Selamat mencoba dan salam sukses Sahabat

0 comments:

Post a Comment