Kambing merupakan hewan yang takut dengan air, sering kita dengar dalam pergaulan sehari-hari bahwa orang yang jarang mandi disamakan dengan kambing atau orang yang takut dengan hujan sama dengan kambing.
Yups....benar saja Sahabat Ternak bahwasanya Kambing adalah hewan yang takut dengan air karena ia mudah diserang penyakit terutama bersin, flu dan hidung tersumbat.
Oleh karena itu jika kita ingin memelihara kambing, sebaiknya membuatkan kambing kandang-kandang yang istimewa, sehingga nanti kambing-kambing yang dipelihara tidak mudah jatuh sakit dan berdampak kepada peningkatan ekonomi yang lebih baik, hal ini sesuai dengan tujuan usaha yang kita lakukan.
Selain itu ketika membuat kandang kambing sebaiknya diletakkan jauh dari rumah supaya kita tidak menghirup bau yang tidak sedap, selain itu meletakkan kandang kambing dekat dengan rumah adalah kurang baik dan tidak sehat sama sekali.

1. Bahan Kandang Kambing

Ada beberapa bahan yang dapat digunakan sebagai kandang kambing, yaitu: kayu bulat atau persegi sebagai tonggak kandang, papan, seberan kayu/papan sebagai lantai kandang atau pagar pinggir kandang, bilah dari betung sama fungsinya dengan kayu adalah sebagai lantai kandang atau sebagai dinding kandang, semen dan pasir untuk mengunci tonggak kandang atau sebagai lantai dasar penampung kotoran kambing, paku, seng sebagai atap Dll

2. Cara Membuat Kandang Kambing

Kambing merupakan hewan yang mudah sakit dan tidak tahan dengan udara dingin (seperti udara yang berganti sangat cepat sekali) seperti disiang hari yang panas terik matahari tiba-tiba terjadi hujan yang sangat lebat sekali dengan disertai oleh angin kencang, hal seperti ini rentan membuat kebanyakan hewan menderita sakit termasuk kambing.

a. Lantai Kandang

Oleh karena itu disarankan untuk pembuatan kandang kambing ini adalah seperti kandang panggung, dimana antara lantai kandang dengan tanah memiliki jarak, jaraknya sekitar 50cm bahkan sampai 1m dari permukaan tanah. Hal ini dilakukan supaya kambing tidak kontak langsung dengan tanah ketika tidur dan suhu tubuhnya tetap stabil.

Selain itu kegunaan lain dari kandang panggung ini adalah supaya tetap bersih, karena kotoran dan kencing kambing sudah jatuh dari kandang kambing tersebut.

b. Kulah ( Tempat Makan)

Kulah atau tempat makan kambing sebaiknya dibuat lebih tinggi dari lantai kandang, jaraknya antara 30 - 40cm dari dasar lantai kandang supaya makanan tidak terkena kotoran dan kencing kambing dan sebaiknya kulah tersebut dibuat agak menjorok ke luar kandang supaya kita mudah memberi makan kambing.

Terutama untuk kambing jantan sebaiknya dipisahkan dengan betina, dan cara memberikan makanannya lebih baik digantung lebih tinggi karena pada waktu makan, kambing akan meraih, menjangkau makanan tersebut.

c. Sekat Kulah
Diantara kulah dan kandang kambing tersebut sebaiknya dibuat sekat pembatas, hal ini bertujuan supaya ketika makan kambing hanya mengeluarkan kepala saja. Karena tabiat kambing yang suka sekali menaikkan kakinya ketempat makan dan kambing lebih suka menjangkau makanan yang lebih tinggi.

d. Atap

Atap Kandang Kambing bisa dari bahan seng, terpal, plastik, hijuk dll. asalkan kandang tidak ditutupi semuanya, sehingga isi kandang masih disinari oleh cahaya matahai pada pagi hari. Atap kandang dibuat lebih jarak dari pada lantai dan kulah. sekitar 50 - 80cm dari kulah. untuk kegunaanya adalah sama dengan atap rumah pada keseluruhan yaitu untuk melindungi penghuninya dari teriknya panas matahari dan dari dinginnya hujan.

e. Tempat Kotoran Kambing

Dalam pembuatan kandang kambing yang tidak kalah penting untuk diperhatikan adalah tempat kotoran kambing. Ketika mulai membangun kandang tadi kita sudah beri jarak antara lantai kambing dengan tanah antara 50cm sampai dengan 1meter, kegunaannya adalah supaya kotoran kambing tidak tinggal lantai kandang dan jatuh ke tanah atau tempat penampungan kotoran kambing.

Tempat pembuangan kotoran kambing ini dibuat sebaik mungkin dan sebaiknya tempat penampungan langsung terhubung ke tempat pembuangan akhir kotoran kambing. tujuannya supaya kotoran mengalir dengan baik dan kandang tetap bersih terjaga.

0 comments:

Post a Comment