Beternak Kambing merupakan usaha yang baik dan menjanjikan di tengah-tengah masyarakat di bumi Nusantara, mengingat tingginya kebutuhan daging Nasional, karena sampai saat ini Indonesia masih saja mengimpor daging dan susu dari Negara lain seperti dari Negara Australia dan Malaisia.
Apasajakah yang dapat diambil manfaatnya dari Kambing?


Untuk menambah pasokan daging dalam Negeri. Selain beternak hewan besar seperti Sapi dan Kerbau, maka usaha yang dapat dilakukan adalah dengan beternak Kambing, karena kambing merupakan hewan peliharaan penghasil daging dan susu.
Kambing Betina
Selain daging dan susu sebenarnya bahagian lain yang dapat diambil dari kambing sangatlah banyak sekali. diantaranya adalah kulit kambing dan kotoran kambing itu sendiri.
Berdasarkan NutritionData.com per 100 grams daging kambing memiliki beberapa Nutrisi yang cukup tinggi:
  • Kalori : 234, Kalori dari lemak 100
  • Lemak 11g (17 % dari kebutuhan harian)
  • Lemak Jenuh 5g (26%)
  • Kolesterol 109 mg (36 % kebutuhan harian)
  • Sodium 135 mg 6%

Nutrisi yang dihasilkan dalam daging kambing ini sangatlah dibutuhkan oleh tubuh manusia diantaranya sebagai sumber Protein untuk menghasilkan tenaga. selain itu daging kambing adalah sebagai pemenuhan kebutuhan lauk pauk bagi menu makanan manusia.

Adapun manfaat susu kambing antara lain; meningkatkan vitalitas, imunitas dan daya tahan tubuh. Meningkatkan kekuatan otot, tulang dan gigi serta menghaluskan kulit dan mengatasi jerawat. Meregenerasi sel-sel tubuh yang rusak dengan sel-sel tubuh yang kuat, serta menyeimbangkan hormon dan sistem homeostatis tubuh. Sebagai detox dan dapat digunakan untuk program penurunan berat badan dan menaikkan berat badan. Selain itu, susu kambing juga bisa mencegah dan menyembuhkan penyakit menular, tidak menular dan Kronis, mulai dari maag kronis, kolestrol, stroke, jantung, gangguan ginjal, parkinson, diabetes, asam urat, sampai sakit kanker.

Menurut Journal of American Medicine, susu kambing adalah makanan paling lengkap yang diketahui. Ia mengandung vitamin, mineral, elektrolit, unsur kimiawi, enzim, protein, dan asam lemak yang mudah dimanfaatkan tubuh Anda. Bahkan, tubuh Anda dapat mencerna susu kambing hanya dalam 20 menit.

Manfaat Susu Kambing
Berikut adalah beberapa manfaat kesehatan berkaitan dengan konsumsi susu kambing murni: (Sumber: http://majalahkesehatan.com)
  1. Susu kambing kurang menimbulkan alergi – susu ini tidak berisi protein kompleks yang merangsang reaksi alergi seperti pada susu sapi.
  2. Susu kambing tidak menekan sistem kekebalan.
  3. Susu kambing membasakan sistem pencernaan. Susu ini berisi alkali basa sehingga tidak menghasilkan asam dalam sistem usus.
  4. Susu kambing membantu meningkatkan pH aliran darah.
  5. Susu kambing mengandung asam lemak seperti asam kaprilat dan kaprat yang sangat antimikroba. (Mereka benar-benar membunuh bakteri yang digunakan untuk menguji keberadaan antibiotik dalam susu sapi!)
  6. Susu kambing tidak menimbulkan lendir dan  tidak merangsang respons pertahanan sistem kekebalan tubuh manusia.
  7. Susu kambing merupakan sumber yang kaya mineral selenium sebagai nutrisi yang diperlukan untuk kekebalan tubuh dan bersifat antioksidan.

0 comments:

Post a Comment