Postingan kali ini adalah kelanjutan dari pembahasan mengenai Peternakan Sapi, karena masih ada pembahasan mengenai Peternakan Sapi ini yang menurut saya juga perlu untuk di perhatikan bagi siapa saja yang memiliki kegemaran dalam beternak sapi.

Beternak sapi merupakan usaha yang gampang-gampang susah, gampangnya adalah ketika kita mendapatkan hasil yang luar biasa dari peternakan tersebut, sedangkan susahnya adalah ketika kita memiliki problem dalam beternak sapi seperti sapi yang sakit, patah, tidak kunjung beranak bagi sapi betina, atau keadaan alam yang kering sehingga kesulitan untuk mendapatkan makanan sap dan lain sebagainya. untuk itu saya akan membahas semua itu pada artikel ini.


6. KENDALA BETERNAK SAPI

Kita mulai saja, Pertanyaannya adalah apa saja sih kendala dari beternak sapi?

a Sumber Makanan


Ketersediaan sumber makanan adalah kunci utama keberhasilana beternak sapi, karena sapi-sapi yang dipelihara membutuhkan banyak makan untuk tumbuh dan berkembang biak. untuk itu diperlukan perhitungan yang matang antara jumlah ternak dengan ketersediaan makanan yang ada. Sumber makanan utama sapi adalah rumput, untuk mendapatkannya tidaklah sulit, namun demikian pada musim-musim tertentu para petani kesulitan untuk mendapatkan rumput sebagai sumber makanan sapi-sapi mereka, terutama pada musim kemarau, karena rumput membutuhkan banyak air untuk tumbuh dan berkembang. meskipun demikian hal ini masih bisa diatasi sekiranya kita jeli dalam menanggapi persoalan tersebut dengan cara membuatkan stok makanan (storage). seperti fermentasi jerami atau rumput, batang pisang dan lain sebagainnya.

b. Penyakit Sapi
Sebagai makhluk hidup sapi tidak terlepas dari virus-virus yang berkembang disekitarnya, maka dari itu tidak jarang sapi-sapi ini mendapatkan masalah dengan penyakit yang mendatanginya. ada beberapa jenis penyakit sapi, diantaranya adalah: cacingan, flu, kutu sapi dan lain-lain. untuk mengatasi itu tidaklah perlu khawatir karena pemerintah sudah menyediakan orang-orang yang ahli dalam mengatasi hal ini di sampai Kepelosok Nusantara, mereka adalah para Mentari atau Dokter Hewan yang ditugaskan oleh Pemerintah untuk merespon persoalan peternakan masyarakat di seluruh Nusantara.

c. Hewan Buas
Bagi mereka yang masih berada jauh di dataran tinggi, dekat dengan hutan. mendapatkan ancaman dari hewan buas baik hewan, pertanian maupun diri mereka sendiri. Hewan buas akan mengincar tidak hanya sapi, namun berlaku bagi hewan lainnya seperti kerbau, kambing dll layaknya pada film-film dokumenter dimana berlaku hukum rimba yang kuat akan memangsa yang lemah. dalam hal ini adalah hewan pemakan daging akan memangsa yang lemah diantara hewan-hewan mamalia lainnya.
Untuk mereka yang berada di wilayah seperti ini haruslah jeli untuk mengatasinya, supaya hewan yang digadang-gadangkan untuk membantu perekonomian kelak, atau hewan ternak yang disayang tidak dimangsa oleh hewan buas tersebut maka dalam pembuatan kandangnya haruslah lebih kuat dan lebih tertutup.


Kejahatan ada di mana-mana tidak peduli tempat ataupun waktu, jika ada kesempatan disana akan berlaku kejadian yang tidak satupun orang bisa menduga, untuk itu kewaspadaan harus selalu ditingkatkan.
berbagaimacam cara yang dilakukan oleh pencuri ternak baik sapi, kambing, kerbau dll ada kalanya dengan cara menyemblih sapi lansung di tmpat untuk diambil dagingnya, atau dengan cara membius sapi supaya mudah dimasukkan kedalam mobil yang mereka bawa, bahkan kedalam mobil mewah sekalipun. Semua ini dilakukan oleh pencuri sapi adalah untuk mendapatkan uang dengan cepat dengan cara mudah dan tanpa peduli telah merugikan orang lain. contohnya saja yang terjadi di tempat kami beberapa tahun yang silam dan masih berlaku sampai sekarang. masyarakat harus terus beronda untuk mengamankan ternak-ternak mereka dari tangan-tangan jahil yang tidak bertanggung jawab.

7. KEUNTUNGAN YANG DIPEROLEH DARI BETERNAK SAPI

Ada banyak keuntungan yang bisa diperoleh dari beternak sapi, baik keuntungan secara lansung maupun secara tidak langsung, baik secara materil maupun formil.  adapun keuntungan lansung yang didapat antara lain berupa keuntungan materil yang akan dipeoleh dari usaha pembesaran dan penggemukan sapi. potensi pasar tempat penjualan sapi sangat luas dengan melonjaknya harga daging sapi dari tahun ke tahun, memberikan kesempatan yang sebesar-bersarnya kepada kita untuk meraup keuntungan yang besar pula.
Yang dimaksudkan dengan keuntungan materil adalah kita mendapatkan laba dari beternak sapi dengan bertambahnya harga jual sapi dari pada harga beli, atau sapi-sapi yang kita ternaki berkembang biak dan memiliki anak, atau sapi-sapi tersebut diperah susunya oleh peternak sapi perah untuk dijual susunya. dan ada banyak lagi yang bisa di peroleh oleh para peternak sapi dari usahanya.
 
8. FAKTA UNIK TENTANG SAPI

1. Bisa dilatih 

 Sapi adalah hewan memamah biak yang adakalanya bisa bersahabat dengan manusia dan adakalanya bisa mengancam keselamatan manusia itu sendiri. seperti yang terjadi di NUSANTARA ini pada zaman dimana sapi digunakan sebagai penarik pedati atau penarik gerobak barang, sapi-sapi yang digunakan adalah jenis sapi ONGOL atau BRAHMAN sapi ini mudah dilatih dan mudah bersahabat dengan manusia. 

 2. Menjadi ancaman keselamatan manusia

Seperti yang bisa dilihat dinegra-negara Eropa bahwa sapi digunakan sebagai peralatan oleh raga bagi sebagian warganya, lihat saja warga spanyol yang menjadikan sapi sebagai peralatan olah raga matador dan hal ini jelas-jelas mengancam keselamatan para matador. karena sapi-sapi yang digunakan adalah sapi-sapi yang sangat garang dan memiliki postur tubuh kekar dan kuat. serta memiliki tanduk yang siap menyeruduk dan membunuh para matador.
Sebenarnya ada banyak lagi fakta unik yang terdapat pada sapi......bahwa kotoran sapi berpotensi memberikan kehidupan pada listrik, kompor gas dan lain-lain.

3. Bisa Mencapai Mencapai Berat ber ton-ton

Dengan ilmu pengetahuan yang semakin hari semakon bertambah membuat usaha peternakan sapi semakin menjanjikan dikalangan masyarakat, jika dipadukan dengan teknologi yang ada maka sapi-sapi yang diternaki dapat bertambah berat dan dabobotnya menjadi sangat besar sekali dan berkembang dengan pesat. bahkan ada dari kalangan petani yang bisa menarketkan pertumbuhan sapi yang dipeliharanya bertambah satu sampai lima kologram dalam sehari. oleh karena itu tidak heran sapi-sapi yang dipelihara iu dapat tumbuh sebesar Gajah. 


9. BAGIAN TUBUH SAPI YANG PALING ENAK DIMAKAN.


Masakan Indonesia sangat kaya akan jenis dan rasa. Di tiap-tiap daerah akan selalu kita temui masakan-masakan khas yang berbeda dengan di daerah lain. Bahan-bahan yang di gunakan pun sangat bervariasi, dari mulai daging kerbau, sapi, kambing, itik, ayam , ikan dan lain-lain. Pemanfaatan bahan-bahan hewani dan nabati sangat beragam. Belum lagi rempah-rempah yang digunakan,lengkaplah sudah rasa yang didapat dari masakan Indonesia. Ada banyak hal yang membedakan budaya memasak di Indonesia dan dinegara-negara lain. Salah satunya adalah dalam mengolah bahan makanan asal hewan. Bahan makanan asal hewan dapat kita bagi menjadi dua golongan besar yaitu antara daging dan jeroan. Daging sudah umum di gunakan untuk bahan makanan di Negara manapun, tapi tidak untuk jeroan.

Dinegara-negara maju khususnya Eropa, Amerika dan Australia, jeroan sudah tidak lagi dimakan oleh manusia. Jeroan dianggap berbahaya bagi kesehatan karena berpotensi menularkan penyakit pada manusia. Kandungan kolestrol dan purin yang tinggi juga dapat membahayakan kesehatan. Dalam perspektif budaya mereka, makan jeroan merupakan sesuatu yang menjijikan. Umumnya jeroan dijadikan makanan untuk hewan seperti buaya, harimau ataupun campuran makanan anjing.

Di Negara yang katanya masih berkembang seperti Indonesia, bahan makanan asal hewani merupakan produk yang mahal. Esensi makan baru pada tahap kenyang dan nikmat dulu, belum sampai pada dampak negatif yang kemunculannya mugkin juga baru beberapa tahun kedepan. Di Negara-negara maju, jeroan sudah dianggap sebagai limbah peternakan yang tidak mungkin diolah menjadi bahan makanan untuk manusia.

Bagian-bagaian dari hewan yang dapat dimakan itu meliputi :
 
Kepala sapi atau kambing termasuk otak nya bisa di jadikan sup yang lezat, Rumen (babat), usus (iso), jantung, dijadikan soto, Hati bisa disemur atau pun di buat soto, Lidah sapi untuk semur. Sambal goreng atau steak, Kaki bisa di mabfaatkan sebagai soto kaki atau sop kaki, sumsum yang ada pada kaki sangat nikmat untuk campuran kuah bakso, Bibir sapi pun bisa dimanfaatkan untuk rujak cingur, Kulit sapi selain dijadikan sebagai bahan untuk jaket dan sepatu, juga bisa dijadikan krupuk kulit ataupun campuran soto, Darah hewan ternak pun sering di jadikan makanan.
Ketika hewan disembelih di pejagalan, darah nya ditampung dalam bak kotak setinggi 20 cm, kemudian di beri sedikit garam dan dibiarkan mengental. Setelah mengental darah dipotong-potong kotak, setelah itu direbus hingga matang. Tampilannya sepintas mirip dengan hati sapi. Kesemua bahan-bahan ini merupakan limbah buat Negara-negara maju. Di Indonesia jeroan sampai harus di impor karena tingginya permintaan. Industri pengolahan daging menggunakan jeroan, seperti hati dan jantung sebagai campuran pembuatan bakso dan sosis.

Dampak Buruk Jeroan bagi manusia

Konsumsi jeroan yang berlebih dapat meningkatkan kadar kolesterol dalam darah. Tingginya kolesterol dalam darah dapat menyebabkan terbentuknya plak pada dinding pembuluh darah arteri. Akibatnya aliran darah terhambat dan dapat menyebabkan penyakit jantung coroner ataupun stroke.

Dampak Baik Jeroan

Selain dampak buruk, ternyata jeroan juga masih bisa bermanfaat. Selain mengandung kadar kolesterol yang tinggi, jeroan juga mengandung zat-zat yang dipelukan oleh tubuh. Diantaranya adalah karbohidrat, protein, lemak, vitamin dan mineral. Vitamin utama yang ada dalam jerohan yaitu vitamin B khususnya vitamin B1 B12 , asam folat. Selain itu adalah vitamin A terutama pada hati. Sedangkan mineral yang terdapat dalam jerohan diantaranya zat besi, potasium, magnesium, fosfor, zinc dan lain sebagainya. Oleh sebab itu, pada ukuran tertentu, jeroan juga bermanfaat bagi kesehatan (www.duniasapi.com)

Pilihan tetap ada ditangan anda para konsumen. Jeroan pun ternyata punya sisi baiknya asal jangan berlebihan tentunya.






0 comments:

Post a Comment