4. TATA CARA BETERNAK SAPI
Beternak Sapi merupakan pekerjaan yang menyenangkan bagi pencinta binatang, terutama bagi mereka yang kagum akan makhluk yang satu ini, hal ini juga berlaku bagi mereka yang telah mendapatkan hasil dari beternak sapi tersebut. sebenarnya ada beberapa cara yang dilakukan untuk memelihara sapi, diantaranya adalah:
a. Dengan Cara Dikandangkan
Kandang Sapi Simental Terbuat dari bahan beton
Cara ini adalah cara yang sangat efektif mengingat padatnya penduduk di Nusantara, cara ini dilakukan oleh peternak yang memiliki lahan peternakan sempit, dengan cara dikandangkan otomatis pemberian makan sapi haruslah instan dan teratur minimal 2 kali sehari yaitu pada pagi dan sore hari. dengan cara dikandangkan ini kita dapat mengontrol sapi dengan baik, bahkan bisa melakukan penjinakan terhadap sapi-sapi yang dipelihara.
Jenis Kandang Sapi yang Terbuat dari Beton
Ada berbagai macam kandang sapi yang bisa dibuat, ada kalanya dengan menggunakan kayu-kayu atau Bambu yang kuat atau menggunakan beton dengan coran yang serba permanen. semua cara itu ada baiknya masing-masing tergantung tempat, situasi dan kondisi Wilayah yang ditempati. tapi untuk lebuh baiknya adalah dengan menggunakan bahan coran yang bersifat permanen sehingga lebih tahan lama dan dapat menampung kapasitas sapi dengan bobot yang berat sekalipun, hal ini tentunya juga memperhitungkan biaya yang akan dikeluarkan oleh peternak yang bersangkutan.  Selain itu pembuatan kandang sapi dari bahan beton ini diperhitungkan dengan jenis sapi yang akan dimasukkan kedalam kandang tersebut, jika kita memasukkan sapi dengan ukuran besar seperti Jenis sapi Simental yang memiliki bobot tubuh sangat berat bahkan mencapai berTon-ton maka sebaiknya kandang yang dibuat adalah kandang beton dengan konstruksi yang kuat juga, karena pada dasarnya sapi-sapi jenis Simental ini suka menyeruduk kandang untuk menggarut rasa gatal pada punuknya atau bagian badannya yang lain.
Hal lainnya yang perlu diingat dalam pembuatan kandang sapi Simental jantan adalah bahwa pada musim-musim kawin datang sapi-sapi jantan lebih agresif dan terlihat lebih gelisah. untuk itu diperlukan kandang yang kokoh untuk menahan hantaman sapi-sapi tersebut. "bisa banyangin nggak kalo kandang sapi dibawa lari sama sapinya?" hehe

b. Di Lepas Dalam Kurungan Pagar
Cara yang kedua ini sangat simple, karena kita tidak perlu menempatkan sapi pada satu tempat saja, kemudian jika penempatan sapi dalam kandang memiliki konsekwensi untuk membersihkan kandang dari kotoran sapi (karna sapi klo NGEPUP suka sembarangan tidak dibersihkan lagi, setelah itu tidur juga di atas PUPnya itu, can u imagine that how it's happen to human being?), sementara itu cara beternak sapi yang dilepas di dalam kurungan pagar tidak perlu membersihkan kotoran sapi tersebut setiap hari. namun demikian cara berbeda tentu menuntut konsekwensi berbeda pula. untuk beternak sapi dengan cara ini kita membutuhkan lahan kosong yang luas.
Bahan yang dapat digunakan untuk memagar wilayah tempat pelepasan sapi-sapi tersebut sangat banyak seperti kayu, bambu, beton, kawat, pipa besi dan lain sebagainya. namun untuk lebih tahan lama dan bentuk yang lebih rapi serta tahan dari amukan atau gesekan sapi maka lebih baik menggunakan beton atau pipa besi dengan ukuran besar dengan tonggak yang di beton. hal lain yang perlu diperhitungkan untuk cara ini adalah jenis sapi yang dilepaskan kalau bisa sama karena jenis sapi yang bebeda cendrung untuk berkelahi jika bertemu. dan jenis sapi pejantan yang berfungsi untuk membuahi betina cukup satu saja atau mengandangkan sapi jantan atau bahkan hanya sapi betina saja, karena sekarang tenologi sudah membantu dalam hal pembuahan induk sapi.

5. PAKAN SAPI
Sapi Makan Rumput Bengala
Makanan Sapi merupakan kunci utama dari beternak sapi, jika makanan sapi cukup maka peternakan sapi akan berhasil dan memberikan hasil yang memuaskan, jika makanan sapi kurang maka dikhawatirkan sapi-sapi yang diternaki akan kekuarangan makanan, akan kurus dan menyebabkan kerugian. untuk itu kita harus memperhitungkan terlebih dahulu ketersediaan makanan di wilayah tempat kita akan beternak sapi.
Ada banyak Jenis makanan sapi yang dapat diberikan diantaranya adalah:
 


1. Rumput
Ada Banyak Jenis rumput yang dapat ditanam ataupun tumbuh liar di alam Nusantara, diataranya adalah Rumput Bengala, King Grass, Rumput Gajah, Rumput Ilalang, Dll. untuk membudidayakan rumput ini tidaklah susah yang penting ada lahan tempat menanam rumput dan cukup air untuk menyirami rumput yang baru ditanam agar tidak kerdil dan mati. Jenis rumput yang ditanam dilahan peternakan hendaklah memyesuaikan dengan cara beternak, apabila kita memiliki lahan sempit dan sistem atau cara beternak yang digunakan adalah dengan cara mengandangkan maka sebaiknya menanam rumput batangan seperti Bengala dan King Grass, hal ini bertujuan supaya lebih mudah memanen rumput tersebut.
 








Apabila kita memiliki lahan yang luas dan menggunakan cara beternak sapi dengan pemagaran lingkungan tempat pelepasan sapi-sapi tersebut, maka sebaiknya yang ditanami adalah jenis rumput yang merambat dan tidak memiliki batang yang tinggi, seperti Rumput Gajah, dan jenis rumput liar lainnya kecuali Ilalang (karena Ilalang adalah jenis rumput liar yang sangat mudah tumbuh bila lahan yang ada sudah mulai gersang karena kurangnnya zat makanan di dalam tanah.

2. Jagung
Jagung Merupakan sumber makanan yang mengandung karbohidrat tinggi, dibutuhkan oleh tubuh sebagai sumber tenaga, ada dua cara yang bisa dilakukan kepada tumbuhan yang satu ini yaitu yang pertama: menjadikannya batangnya sebagai makanan sapi dan mengambil buahnya untuk dijual atau kita makan, yang kedua: mengambil batang dan buahnya untuk dijadikan makanan sapi sekaligus buahnya sebagai tambahan karbohidrat bagi sapi supaya bobot badannya cepat bertambah dan menghasilkan daging atau susu yang banyak. cara membarikan jagung sebagai makanan sapi sangatlah banyak adakalanya dengan cara diberikan langsung dengan batang-batangnya dan adakalanya dengan dicacah memakai sabit atau arit atau dicacah menggunakan mesin pencacah khusus supaya sapi-sapi tidak kesulitan memakan jagung tersebut.

3. Batang Pisang
Batang Pisang merupakan sumber makanan yang sangat disukai oleh sapi, terkadang para petani memberikan batang pisang sebagai makanan tambahan selain rumput dalam usaha penggemukan sapi, karena batang pisang di wilayah pedesaan sangat mudah diperoleh. Batang pisang mengandung banyak air namun tidak berbahaya bagi tubuh sapi. ada berbagai cara petani memberikan batang pisang sebagai makanan sapi, adakalanya dengan cara dicacah kemudian diberikan langsung kepada sapi-sapi dan adakalanya dicampur dengan dedak atau tambahan gizi lainnya kemudian diberikan kepada sapi.


 4. Jerami
Padi Disawah sedang dipanen
Jerami merupakan batang padi, setelah buah dipisahkan dengan batangnya kemudian batangnya diambil dan dijadikan sebagai makanan hewan ternak seperti sapi, ada beberapa cara yang dapat dilakukan kepada jerami sebagai pakan sapi, cara pertama : Memberikan langsung kepada sapi, cara kedua : dengan melakukan fermentasi atau pengeraman jerami. Cara yang pertama sangatlah mudah, sedangkan cara yang kedua sedikit sulit dan memerlukan waktu yang lama namun bisa digunakan sebagai cadangan makanan dalam waktu yang lama pula sehingga apabila kita tidak memiliki waktu yang banyak untuk mecari makanan sapi, cara ini adalah cara terbaik untuk dilakukan.
Tumpukan Jerami yang di Fermentasi



 Ada banyak lagi Jenis makanan sapi yang dapat dimamfaatkan, selagi Nusantara masih terkembang, selagi ada lahan yang kosong untuk ditanam, maka kesempatan untuk beternak masih terbuka luas, sehingga kesempatan untuk memperbaiki ekonomi terbuka lebar dan sangat berpotensi dijadikan sebagai ladang bisnis yang menjanjikan. untuk itu selagi hayat masih dikandung badan tetaplah berusaha dan tetaplah berkreasi dengan mempergunakan ilmu serta pengetahuan yang sudah banyak dan mudah didapat. selamat berkarya dan salam sukses bagi Peternak Nusantara.

Pembahasan Lebih lanjut akan di urai pada artikel selanjutya berkenaan dengan pembahasan berikut:

6. KENDALA YANG DIHADAPI DALAM PETERNAKAN SAPI
7. KEUNTUNGAN YANG DIPEROLEH DARI BETERNAK SAPI
8. FAKTA UNIK TENTANG SAPI
9. BAGIAN TUBUH SAPI YANG PALING ENAK DIMAKAN.

1 comments :

  1. CAKEP......
    Lumayan banyak menjawab hal-hal yang ingin saya ketahui

    ReplyDelete