1. PENGERTIAN
Peternakan adalah usaha untuk mengembang biakkan hewan dengan cara dipelihara dan dirawat sebaik mungkin, seperti seorang yang mengelola peternakan sapi maka ia adalah seorang pemelihara sapi, sengan demikian ia memiliki sapi untuk dirawat dan diberinya makan karena sapi adalah salah satu jenis hewan peliharaan.

Indonesia adalah negara yang subur alamnya indah dan memiliki iklim yang cocok untuk hewan peliharaan seperti sapi dan hewan peliharaan lainnya. terutama untuk sapi dapat dirawat atau dipelihara dengan cara dikandangkan atau dipelihara di alam bebas dengan cara dipagari.
Karena mata pencaharian masyarakat indonesia sebahagian besar adalah petani, memungkinkan mereka untuk memiliki usaha pemeliharaan hewan sebagai usaha sampingan atau sebagai penambah tabungan di masa mendatang.

2. JENIS-JENIS SAPI

Ada banyak jenis Sapi di Dunia ini, namun untuk sapi lokal atau sapi nusantara kita terdapat beberapa jenis saja, dan ukuran badannya tergolong tidak besar-besar. hal ini mungkin disebabkan oleh kualitas makanan yang terdapat di negeri ini, dan atau karena iklim yang berbeda, hal ini tidak tahu pasti apa penyebabnya. atau mungkin saja sudah dijadikan sebagai hukum alam, di mana orang-orangnya yang kecil-kecil menyebabkan postur tubuh hewan-hewannya juga kecil. entahlah!!!


Walaupun ukuran sapi-sapi yang ada di dalam negeri tergolong kepada sapi-sapi yang berukuran kecil, namun bukan berarti sapi-sapi lokal ini tidak memiliki nilai jual yang tinggi, kita lihat saja sepeti jenis sapi bali yang memiliki bobot badan yang kecil , tulang  kecil, ukuran badan yang rendah. namun jika datang lebaran haji sapi-sapi seperti ini memiliki harga jual yang luar biasa, jauh berbeda dari haraga sapi pada umumnya bahkan harganya bisa melebihi dua kali lipat dari harga normal. selain itu sapi-sapi ini sangat disenangi oleh masyarakat lokal yang melakukan hajatan, karena ukurannya yang kecil dengan harga yang tidak terlalu mahal.
ada beberapa jenis sapi lokal:

a. Sapi Bali
Sapi bali adalah jenis sapi pekerja yang berasal dari persilangan sapi liar dan banteng, tubuh yang kuat otot besar dan daya tahan yang luar biasa dari segala iklim. warna merah bata untuk sapi bali muda dan semakin dewasa akan berubah menjadi coklat tua kehitaman.






b. Sapi Madura
Tipe sapi pekerja hasil persilangan antara sapi bali dengan jenis sapi impor ongole dan sapi lokal jawa. sapi ini tergolong kepada sapi pekerja karena stamina yang dimilikinya.





c. Sapi Pesisir

Sapi Lokal dari Pesisir (pesisir Pantai Sumatera) ini memiliki tubuh yang kecil namun memiliki daya tahan tubuh yang tinggi disegala cuaca.






d. Sapi Brahman
Berasal dari negra India, ciri fisik dengan punuk yang besar, lehernya memiliki gelambir serta biasanya berwarnna coklat merah, abu-abu dan hitam.





e. Sapi Aceh
Merupakan sapi pedaging lokal dari hasil persilangan antara sapi lokal dangan sapi Ongole, warna merah kecoklatan seperti sapi lokal dengan punuk kecil.





Sedangkan untuk sapi-sapi dari luar negeri yang juga cocok di pelihara dalam negeri juga sangat banyak sekali seperti:

a. Sapi Simental
Berasal dari Switzeland, Eropa, ciri fisiknya kekar dan mudah dijinakkan dan diarahkan. umumnya warna pada tubuhnya cokelat di tubuh dan bagian leher, memiliki warna putih di daerah kepala dan bulu di telapak kaki.





b. Sapi Limusin
Sapi yang berasal dari negara Perancis. ciri tubuh sapi ini adalah memiliki tanduk kecil berbentuk lengkung, tubuh besar dan tebal serta bulunya yang kemerahan. tingkat pertumbuhan diatas sapi-sapi yang lain.





c. Sapi jenis F H (Friesian Holsten)
Berasal dari belanda, namun juga banyak terdapat di Selandia Baru dan Australia, warna hitam dan putih mudah terlihar di tubuh dan di kepalanya.



d. Sapi Angus
Sapi Angus adalah Jenis sapi yang berasal dari daratan Eropa tepatnya dari negara Inggris. daging sapi Angus terkenal mutu dan kualitas dagingnya yang baik karena tidak banyak lemak. ciri sapi Angus  warna tubuh yang hitam dengan tubuh kekar berisi namun tidak bertanduk.



e. Sapi Beefmaster
Sapi yang pertama kali dikembangkan di Amerika, hasil persilangan antara sapi Brahman Jantan dengan betina Shorthorn ataupun hereford dari Inggris. ciri fisiknya dapat dikenali dari tubuhnya yang berwarna merah kecoklatan.




f. Sapi Charolais
Sapi yang berasal dari Perancis yang banyak dikembang biakkan di Amerika Serikat, cri fisiknya adalah tubuh yang tinggi besar dengan tinggi besar dengan bulu bewarna perak terang kecoklatan dan tanduk yang panjang.




g. Sapi Ongol
Sapi yang berasal dari India yang cukup banyak di ternaki di negara Indonesia, ciri fisiknya adalah gelambir di daerah leher, tubuh ukuran sedang, dan memiliki warna putih dan hitam.




 

3. JENIS PETERNAKAN SAPI
Berikut ini saya akan mendiskripsikan berbagai macam peternakan yang pernah saya temui dan atau saya alami sendiri di lapangan.
  • Peranakaan
Peranakan sapi adalah salah satu cara untuk mengembang biakkan sapi, dengan cara memelihara induk sapi betina yang dikawinkan dengan sapi jantan atau dengan cara disuntik (proses memasukkan embrio kedalam rahim sapi betina. pengembangbiakan ini memiliki keuntungan yang baik bagi peternak sapi karena dengan kehadiran anak sapi maka pemilik akan sibuk sekali dan tentunya akan mendapatkan hasil dari anak sapi tersebut secara materil.
  • Pembesaran
Pada Proses pembesaran anakan Sapi sampai mencapai umur dewasa adalah saat yang sangat perlu diperhatikan dengan baik untuk mendapatkan kualitas ternak yang baik dan menghasilkan keuangan yang baik. usaha Pembesaran dimulai dari memilih anak yang berkualitas baik, baik jantan maupun betina. dengan ciri-ciri anakan yang baik itu adalah sebagai berikut:
. Memiliki tubuh yang sehat dan kuat
. Bulu-bulu pada badan  yang cerah dan mengkilat
. Tidak cacingan
dll 

Sebagai pertimbangan bagi kami yang menjalani peternakan ini adalah dengan cara memilih anakan yang kokoh untuk dijadikan bakal pembesaran. dengan sistem dikandangkan. biasanya yang dipilih ditempat kami adalah anakan sapi yang memiliki keturunan yang baik dari jenis Simental atau persilangan antara Simental dengan sapi lokal yang memiliki kesempatan untuk bisa kuat dan besar.
  • Penggemukan
Proses penggemukan sapi ini adalah tahap selanjutnya atau tahap lain pada peternakan sapi, pada proses ini yang diperhatikan adalah pemilihan ternak yang baik untuk di jadikan sebagai calon ternak.
biasanya untuk mendapatkan calon ternak yang akan di pelihara dapat dilakukan dengan cara memilih indukan dan atau pejantan yang memiliki badan yang kurus namun masih memiliki selera makan yang kuat. proses pemeliharaan untuk sapi penggemukan ini adalah dengan cara menambah porsi makan sapi tersebut dan memberikan tambahan konsentrat untuk menunjang perkembangannya.
  • Sapi Perah
Sapi perah adalah pemeliharaan sapi yang diambil air susunya, jenis sapi yang bisa dijadikan sebagai sapi perah ini adalah sapi khusus sapi perah (biasanya jenis EVA) yang ciri-cirinya memiliki warna hitam dan bercak putih pada bagian tubuhnya, serta yang paling penting adalah memiliki kantong susu yang sangat besar, sehingga bisa diperah untuk kepentingan umat manusia.
  • Sapi Pejantan (Aduan)
Para pencinta sapi baik sapi aduan, pacuan, kontes, sapi korban dan lain sebagainya menggandrungi/ menggemari  peternakan sapi dengan Jenis kelamin Jantan. karena sapi jantan memiliki keistimewaan tersendiri dari pada sapi betina, terutama pada bobot badannya yang tumbuh besar lebih cepat daripada sapi betina. walaupun makanannya jauh lebih banyak daripada sapi betina, dan tambahan konsentrat makanan untuk sapi jantan tergolong lebih banyak daripada sapi betina namun pertumbuhan dan keuntungan yang didapat dari beternak sapi Jantan ini jauh lebih banyak daripada sapi betina. sebagai pengalaman yang kami lalui selama ini adalah bahwa beternak sapi jantan sangat menguntungkan bahkan mencapai berat lebih dari Satu Ton untuk jenis sapi simental jantan, sedangkan untuk jenis sapi jantan lainnya seperti sapi kampung, dan atau sapi bali atau madura sangat di senagi untuk dikorbankan pada saat Lebaran Haji.



Demikian dulu artikel ini, akan saya sambung pembahasan ini pada postingan berikutnya, karena masih banyak lagi hal-hal yang mesti dibahas mengenai Peternakan Sapi ini diantaranya adalah;
pada poin berikutnya akan dibahas:

4. TATA CARA BETERNAK SAPI
5. PAKAN SAPI
6. KENDALA YANG DIHADAPI DALAM PETERNAKAN SAPI
7. KEUNTUNGAN YANG DIPEROLEH DARI BETERNAK SAPI
8. FAKTA UNIK TENTANG SAPI
9. BAGIAN TUBUH SAPI YANG PALING ENAK DIMAKAN.



3 comments:

  1. PT. Cipta Padang Berlian merupakan perusahaan yang bergerak dibidang bahan baku pakan ternak (terutama sapi) yang menyediakan berbagai macam jenis bahan baku pakan ternak (terutama sapi) diseluruh Indonesia.

    Produk :
    1. Bungkil Sawit
    2. Kulit Kopi
    3. Dedak Sumatera
    4. Dedal Sulawesi
    5. Onggok

    yang membuat kami berbeda dari supplier bahan baku di Indonesia adalah:

    1.Bahan Baku yang kami dapatkan langsung dari petani sehingga dalam segi harga kami dapat bersaing dengan suplier bahan baku pakan ternak lain.
    2. Produk Bahan Baku Pakan Ternak yang kami sediakan dijamin kualitasnya, karena bagi kami kontrol terhadap kualitas sangat penting
    3. Produk bahan paku pakan bisa di supply dimana saja di Indonesia dengan jumlah yang diminta dari pembeli.
    *syarat dan ketentuan berlaku
    4.Kuantitas dalam jumlah besar dan ketepatan waktu juga menjadi salah satu andalan kami

    Menjaga stabilitas harga dan kualitas untuk bahan baku pakan ternak (terutama sapi) di Indonesia. untuk daerah jawa, sumatera, kalimantan, sulawesi. dengan sistem yang terintergrasi dan professional.

    Dapat Membuat Surat Dukungan Untuk Pengadaan Bahan Pakan
    Untuk Harga dan ketersediaan barang dapat Langsung Kontak Ke 085643838384 / 082328691960

    gandaverdinan

    ReplyDelete
  2. Dikampung saya ada juragan sapi gan, duitnya tuh banyak banget, memang menjajikan sih usaha yang satu ini ketika modal mencukupi

    ReplyDelete